PENGARUH PACKING, HARGA DAN PERIKLANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN READY TO DRINK (RTD) TEA MEREK PUCUK HARUM PADA MAHASISWA UN PGRI KEDIRI
Author (Penulis)
ELOK KUMALA RISQIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.02.02.0141
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena maraknya minuman teh dalam kemasan siap konsumsi. Kemunculan merek-merek baru semakin memperketat persaingan diantara merek teh kemasan yang sudah ada sebelumnya. Dengan adanya persaingan yang begitu ketat perusahaan teh kemasan siap konsumsi dituntut untuk mampu mempertahankan posisinya dan mampu bersaing dengan kompetitor lainnya.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapakah besar pengaruh packing, harga dan periklanan terhadap keputusan pembelian Ready To Drink (RTD) Tea merek Pucuk Harum pada Mahasiswa UN PGRI Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 80 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji asumsi klasik, Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Koefisien Determinasi dan Uji Hipotesis. dengan bantuan program SPSS For Windows Versi 23.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) secara parsial packing dan periklanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan harga berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian. (2) Secara simultan packing, harga dan periklanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.