Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Nasabah di Kantor Cabang Utama (KCU) Bank Jatim Kota Kediri


Author (Penulis)

AVEN TAUFIQ AKBAR
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0140

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan dunia ekonomi yang sangat dinamis, salah satunya di bidang perbankan. Sehingga perusahaan dituntut untuk membuat pelanggannya tetap setia/loyal. Berkaitan dengan hal tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti tentang pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas, dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas nasabah di KCU Bank Jatim Kota Kediri. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas, dan kepuasan konsumen secara parsial terhadap loyalitas nasabah di KCU Bank Jatim Kota Kediri (2) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas, dan kepuasan konsumen secara simultan terhadap loyalitas nasabah di KCU Bank Jatim Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian kausalitas. Jumlah Sampel sebesar 60 responden nasabah yang loyal di KCU Bank Jatim Kota Kediri dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan software SPSS versi 23. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah di KCU Bank Jatim Kota Kediri, dibuktikan dengan thitung > ttabel (2,575>2,003) dan nilai signifikansi sebesar 0,013<0,05, (2) Fasilitas berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah di KCU Bank Jatim Kota Kediri, dibuktikan dengan thitung > ttabel (2,685>2,003) dengan nilai signifikansi sebesar 0,010<0,05, (3) kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah di KCU Bank Jatim Kota Kediri, dibuktikan dengan thitung > ttabel (5,436>2,003) dan nilai signifikansi 0,000<0,05; (4) kualitas pelayanan, fasilitas dan kepuasan konsumen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah di KCU Bank Jatim Kota Kediri, hal ini dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel (22,253>2,77) dan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05. KATA KUNCI : Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Kepuasan Konsumen, Loyalitas Nasabah

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-12

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 09 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI