ANALISIS PENGARUH FAKTOR PERSEPSI KUALITAS PRODUK, HARGA, KUALITAS PELAYANAN, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DIGITAL PRINTING CV. PLATINUM JAYA KOTA KEDIRI
Author (Penulis)
RIANDIKA RAHMAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.02.02.0139
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan peneliti, bahwa persaingan bisnis di bidang percetakan era digital di Kota Kediri kini semakin ketat, sehingga menuntut pemilik usaha percetakan untuk meningkatkan keputusan pembelian guna memenangkan persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh persepsi kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk CV Platinum Jaya Kota Kediri, (2) pengaruh harga terhadap keputusan pembelian produk CV Platinum Jaya Kota Kediri, (3) pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian produk CV Platinum Jaya Kota Kediri, (4) pengaruh lokasi terhadap keputusan pembelian produk CV Platinum Jaya Kota Kediri, (5) pengaruh persepsi kualitas produk, harga, kualitas pelayanan, dan lokasi secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian produk CV Platinum Jaya Kota Kediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik kausalitas. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, serta kepustakaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu didasarkan pada ciri-ciri tertentu meliputi 50 konsumen dari kalangan pengusaha dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah persepsi kualitas produk, harga, kualitas pelayanan, dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen CV Platinum Jaya Kota Kediri. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa persepsi mengenai kualitas produk yang sesuai harapan, harga yang sesuai perhitungan konsumen, kualitas pelayanan yang memuaskan konsumen, serta penentuan lokasi yang tepat dapat mempengaruhi keputusan pembelian, dan diharapkan penelitian selanjutnya dapat megkaji lebih dalam mengenai faktor-faktor lain selain persepsi kualitas produk, harga, kualitas pelayanan, dan lokasi yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian.
Kata Kunci : Persepsi kualitas produk, harga, kualitas pelayanan, lokasi, keputusan pembelian.