PENGARUH LOKASI, PROMOSI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA MINI MARKET KHARISMA BLABAK


Author (Penulis)

RULIK RISTIYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0130

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi bahwa semakin banyaknya perusahaan yang bergerak di bidang retailing (eceran) seperti mini market, supermarket, toko dan departement store. Mini market merupakan perusahaan retail yang bergerak di bidang penjualan produk untuk keperluan sehari-hari. Banyaknya kebutuhan primer dan sekunder yang harus dipenuhi oleh para konsumen, menyebabkan konsumen menginginkan proses pembelian barang secara mudah dan langsung. Mini market lebih banyak dipilih oleh konsumen, karena menawarkan kemudahan dan kenyamanan dibanding toko biasa. Kemudahan tersebut antara lain konsumen dapat memilih langsung dan mengambil sendiri barang yang akan dibeli. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lokasi, promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Mini Market Kharisma Blabak. Metode pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Accidental Sampling Method. Sampel dalam penelitian ini adalah 40 responden dari konsumen yang melakukan pembelian di Mini Market Kharisma. Kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif menggunakan analisis linier berganda, dengan mempertimbangkan syarat uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji statistik secara parsial (uji t) dan uji statistik secara simultan (uji F)` Berdasarkan simpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) ada pengaruh yang signifikan antara lokasi dengan kepuasan konsumen di Mini Market Kharisma Blabak (2) ada pengaruh yang signifikan antara promosi dengan kepuasan konsumen di Mini Market Kharisma Blabak (3) ada pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen di Mini Market Kharisma Blabak (4) ada pengaruh yang signifikan antara lokasi (X1), promosi (X2), dan kualitas pelayanan (X3) dengan kepuasan konsumen di Mini Market Kharisma Blabak KATA KUNCI : Pengaruh Lokasi, Promosi, dan Kualitas Pelayanan tehadap Kepuasan Konsumen

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-21

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI