ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi pada nasabah PT. Prudential Life Assurance Kediri)


Author (Penulis)

TRI AGUSTIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0128

Abstract

ABSTRAK TRI AGUSTIN: Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, dan Citra Perusahaan terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Nasabah PT. Prudential Life Assurance Kediri), Skripsi, Manajemen, FE UNP Kediri, 2017. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas layanan, kualitas produk, dan citra perusahaan secara simultan dan parsial terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Nasabah PT. Prudential Life Assurance Kediri). Populasi dalam penelitian ini adalah Nasabah PT. Prudential Life Assurance Kediri. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode pengambilan berdasarkan kebetulan (insidental sampling) dengan menggunakan rumus Slovin sehingga menghasilkan 70 responden. Variabel bebas penelitian ini adalah kualitas layanan(X1), kualitas produk(X2), citra perusahaan(X3) dan loyalitas pelanggan(Y) sebagai variabel terikat. Uji instrumen dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif, analisis regresi linier berganda, dengan mempertimbangkan syarat uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji statistik secara simultan (uji F) dan uji statistik secara parsial (uji t) dan dengan taraf signifikan ? = 5%. Penganalisan data menggunakan program SPSS. Hasil pengujian menunjukkan variabel kualitas layanan, kualitas produk, dan citra perusahaan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Nasabah PT. Prudential Life Assurance Kediri) secara parsial dan simultan. Berdasarkan simpulan hasil penelitian, maka penulis menyarankan untuk perusahaan dalam meningkatkan loyalitas pelanggan lebih menitik beratkan pada kualitas layanan, kualitas produk, dan citra perusahaan. Dilihat dari kuesioner yang telah diisi oleh pelanggan tersebut diperoleh data bahwa pelanggan akan melakukan pembelian asuransi dengan memperhatikan kualitas layanan, kualitas produk serta citra perusahaan yang baik untuk meningkatkan loyalitas pelanggan Kata kunci : kualitas layanan, kualitas produk, citra perusahaan, dan loyalitas pelanggan

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-12

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI