HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT BUKIT DHOHO INDAH KEDIRI


Author (Penulis)

CHINTIA DEWI BASUKI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0121

Abstract

Penelitian ini berjudul “harga, promosi, dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen PT Bukit Dhoho Indah Kabupaten Kediri”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga, promosi, dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen pada PT Bukit Dhoho Indah Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini 9.725 orang, data ini didapat dari data pengunjung pada bulan Januari – April tahun 2017. Dengan menggunakan cara exidence dan penggunaan penentuan 100 responden menggunakan cara hitung Slovin. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda,dan asumsi klasik. Hasil pengolahan data menunjukkan harga (X1), promosi (X2) dan kualitas layanan (X3) secara signifikan mempengaruhi kepuasan konsumen PT Bukit Dhoho Indah Kabupaten Kediri. Hal ini ditunjukkan dengan thitung dari variabel harga 3,351 tingkat signifikan 0,001, hasil thitung dari variabel promosi 3,048 tingkat signifikan 0,003 dan thitung dari variabel kualitas layanan 2,811 tingkat signifikan 0,006. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang dihasilkan masing-masing variabel berada dibawah 0,05. Kemudian uji F menunjukkan harga (X1), promosi (X2) dan kualitas layanan (X3) secara simultan mempengaruhi kepuasan konsumen PT Bukit Dhoho Indah Kabupaten Kediri. Hal ini ditunjukkan dengan nilai uji F yang dihasilkan bahwa nilai Fhitung = 13,366 > Ftabel = 2,696 atau nilai sig. = 0,000 < 0,05, jadi H4 diterima ; artinya secara simultan, serta semakin tinggi nilai ketiga variabel tersebut maka semakin tinggi pula kepuasan konsumen di PT Bukit Dhoho Indah Kabupaten Kediri. Hal ini ditunjukkan dengan adanya koefisien determinasi berganda antara harga (X1), promosi (X2), dan kualitas layanan (X3) dengan kepuasan konsumen yang menunjukkan nilai R2 adalah sebesar 29,5% serta kepuasan konsumen (Y). Menunjukkan signifikan ketiga variabel terhadap kepuasan konsumen sebesar 29,5%, berarti masih ada variabel lain sebesar 70,5% yang dapat menjelaskan variabel kepuasan konsumen (Y) tetapi tidak diteliti dalam penelitian ini. Implikasi praktis pada penelitian ini yaitu Konsumen mempunyai tujuan dalam memilih tempat rekreasi. Oleh karena itu, konsumen memperhatikan setiap informasi yang telah didapat saat menikmati wahana yang telah disediakan, sehingga membuat konsumen nyaman dengan pelayanan yang diberikan dan kepuasan konsumen tercipta. Sehingga, peneliti memberikan saran bagi peneliti selanjutnya yaitu menambahkan variabel lain seperti lokasi, discount, dan iklan terhadap keputusan pembelian, dan menambahkan 200 sampel. KATA KUNCI: harga, promosi, kualitas layanan, dan kepuasan konsumen

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-11

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 07 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI