PENGARUH PERSEPSI HARGA, PERSEPSI KUALITAS, DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI


Author (Penulis)

RISKI SATRIO NUGROHO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0118

Abstract

ABSTRAK Perkembangan perekonomian global yang semakin dinamis membuat persaingan di dalam dunia bisnis, khususnya pada sektor bisnis telekomunikasi sekarang ini menjadi semakin ketat dan kompetitif. Salah satu dampak dari ketatnya persaingan bisnis telekomunikasi tersebut adalah menurunnya pangsa pasar smartphone merek Samsung. Untuk itu, agar dapat meningkatkan penjualan dan bertahan di dalam ketatnya persaingan bisnis telekomunikasi. Perusahaan Samsung dituntut untuk dapat memahami faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumennya. Indikasi keputusan pembelian di pengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya adalah persepsi harga, persepsi kualitas dan motivasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi harga, persepsi kualitas dan motivasi baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian smartphone merek Samsung pada mahasiswa FE UN PGRI Kediri. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi adalah sebanyak 1435 mahasiswa FE UN PGRI Kediri yang terdiri dari mahasiswa program studi akuntansi dan manajemen. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 40 responden. Sumber data penelitian ini adalah data sunder dan data primer. Teknik pengumpulan data adalah kuesioner, observasi dan wawancara dengan metode pengambilan sampel menggunakan purposive samplingdan accidental sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda yang diolah dengan bantuan SPSS Versi 23. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel persepsi harga (X1), persepsi kualitas (X2), dan motivasi (X3) secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone merek Samsung pada mahasiswa FE UN PGRI Kediri. Nilai Adjusted R square adalah sebesar 0,793 yang artinya variabel persepsi harga, persepsi kualitas dan motivasi mampu menjelaskan keputusan pembelian sebesar 79% dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. KATA KUNCI :Persepsi harga, persepsi kualitas, motivasi dan keputusan pembelian

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-13

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI