PENGARUH HARGA, VARIASI PRODUK DAN GENERAL INTERIOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI


Author (Penulis)

HESTI ERTIONITA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0115

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi karena perkembangan dunia bisnis ritel di Indonesia saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat, yang menyebabkan persaingan usaha yang ketat. Suatu bisnis ritel harus memiliki strategi agar dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Oleh karena itu bisnis ritel harus memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh harga, variasi produk dan general interior terhadap keputusan pembelian di Alfamart Raya Sembon Kota Tulungagung baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan perdekatan kuantitatif dengan metode kausalitas (sebab-akibat). Populasi dalam penelitian ini konsumen Alfamart Raya Sembon Kota Tulungagung, sampel responden sebanyak 52 orang dengan menggunakan teknik accidental random sampling. Metode analisis menggunakan regresi linier berganda dengan software SPSS Statistics 23. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil uji t 5,683. Variasi produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil uji t 3,019. General interior berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil uji t 4,123. Hasil uji yang menyatakan F hitung (50,275) > F tabel (2,798) sehingga harga, variasi produk dan general interior secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Angka Adjusted R Square sebesar 0,743 menunjukkan bahwa 74,3% variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh harga, variasi produk dan general interior. Sedangkan sisanya sebesar 25,7% dijelaskan oleh variabel lain di luar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini. KATA KUNCI : Harga, Variasi produk, General interior, Keputusan pembelian.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-12

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 09 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI