PENGARUH DISKON, IMPULSE BUYING, DAN INTERIOR DISPLAY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SWALAYAN RIA MART CAMPURDARAT TULUNGANGUNG
Author (Penulis)
LINDA AYU RAHMAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.02.02.0100
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keputusan pembelian yang dipengaruhi oleh beberapa
faktor yaitu diskon, impulse buying, dan interior display yang dapat menarik minat beli
konsumen pada Swalayan Ria Mart Campurdarat Tulungagung. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui diskon, impulse buying, dan interior display berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian baik secara parsial maupun simultan pada Swalayan Ria Mart
Campurdarat Tulungagung
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan
teknik analisis kausal. Populasi yang diambil adalah seluruh pembeli yang ada di Swalayan
Ria Mart dengan mengambil sampel sejumlah 40 responden. Sumber data didasarkan pada
dua jenis data yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah memberikan kuesioner/angket secara langsung kepada responden. Data dianalisis
menggunakan metode deskriptif dan metode kuantitatif yang menggunakan analisis
persamaan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS 23.0 for windows.
Hasil dari pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan ketiga variabel
independen yaitu diskon, impulse buying dan interior display secara parsial berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan melalui uji F dapat diketahui bahwa
secara bersamaan ketiga variabel tersebut secara serempak mempengaruhi keputusan
pembelian. Dapat disimpulkan bahwa secara simultan (serempak) diskon, impulse buying dan
interor display berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Swalayan Ria
Mart Campurdarat Tulungagung.
Kata Kunci : Diskon, impulse buying, interior display dan keptusan pembelian