Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Kunjungan Pada Wisata Edukasi Rumah Coklat Trenggalek


Author (Penulis)

RUSSI INSAN KINASIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0094

Abstract

Rumah Coklat Trenggalek merupakan obyek wisata baru yang berada di Kabupaten Trenggalek dengan mengusung konsep wisata edukasi. Sebagai wisata baru, Rumah Coklat Trenggalek menggunakan strategi pemasaran agar wisatawan berkunjung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan pada Rumah Coklat Trenggalek dan untuk mengetahui dalam rangka meningkatkan kunjungan berdasarkan analisis SWOT pada Rumah Coklat Trenggalek. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data akan direduksi, disajikan dan ditarik kesimpulan menggunakan model Miles and Huberman. Penelitian ini menggunakan alat analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan empat informan, yaitu Bapak Suparman, Saudara Zelly, Saudara Nana, dan Ibu Suyanti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan alat analisis SWOT, Rumah Coklat Trenggalek berada di posisi kuadran I (satu), yaitu posisi agresif dimana pada posisi ini Rumah Coklat Trenggalek dapat mengkombinasikan peluang dan kekuatan yang dimiliki untuk meningkatkan kunjungan. Posisi agresif tersebut dapat dilakukan dengan strategi meningkatkan kualitas dengan cara diferensiasi produk, memaksimalkan promosi agar lebih dikenal masyarakat lokal maupun luar dan menambah fasilitas dan sarana prasarana penunjang serta kegiatan edukasi yang menarik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-11

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 06 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI