Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk dan Lokasi terhadap Loyalitas Pelanggan di AKA Movement Strore Tulungagung


Author (Penulis)

MEILIANA INDRIYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0092

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan peneliti dalam pentingnya memahami loyalitas pelanggan agar perusahaan mendapatkan keuntungan jangka panjang. Loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh desain produk, kualitas produk dan lokasi. Penggunaan variabel-variabel pada penelitian ini digunakan untuk mengetahui faktor-faktor pendorong timbulnya rasa loyal pelanggan terhadap produk dari “AKA Movement Store” Tulungagung. Dengan adanya data pelanggan yang setiap bulannya tidak stabil, maka permasalahan pada penelitian ini adalah (1) adakah pengaruh desain produk terhadap loyalitas pelanggan di “AKA Movement Store” Tulungagung? (2) adakah pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan di “AKA Movement Store” Tulungagung? (3) adakah pengaruh lokasi terhadap loyalitas pelanggan di “AKA Movement Store” Tulungagung? (4) adakah pengaruh desain produk, kualitas produk dan lokasi terhadap loyalitas pelanggan di “AKA Movement Store” Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi berganda, uji F (uji simultan), uji t (uji parsial), dan Adjust R-square. Penelitian ini dilakukan di “AKA Movement Store” Tulungagung dengan mengambil sampel 40 orang sebagai respondennya. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah desain produk (X1), kualitas produk (X2), lokasi (X3) secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan di “AKA Movement Store” Tulungagung. Keeratan hubungan tersebut ditunjukan oleh nilai koefisien determinasi Adjust R-square = 0,956 dengan demikian menunjukkan bahwa besarnya pengaruh desain produk, kualitas produk dan lokasi terhadap loyalitas pelanggan sebesar 95,6%. Berarti masih ada pengaruh variabel lain yang mempengaruhi loyalitas pelanggan sebesar 4,4% yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci : desain produk, kualitas produk, lokasi, loyalitas pelanggan

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-07

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 01 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI