ANALISIS STRATEGI SEGMENTING, TARGETING, DAN POSITIONING PADA BRILLIANT ENGLISH COURSE KAMPUNG INGGRIS PARE KEDIRI


Author (Penulis)

DANY ROHMAT SANTOSO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0087

Abstract

Abstrak Dany Rohmat Santoso: Analisis Strategi Segmenting, Targeting, dan Positioning pada Brilliant English Course Kampung Inggris Pare Kediri, Skripsi, Manajemen, FE UN PGRI Kediri, 2017. Kata kunci: segmenting, targeting, positioning Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa sebuah lembaga pendidikan nonformal ataupun lembaga bimbingan belajar yang menyediakan jasa pendidikan tentunya memiliki tujuan agar dapat hidup dan berkembang. Secara prinsip tujuan ini dapat dicapai apabila bagian pemasaran melakukan strategi pemasaran yang tepat dengan menggunakan kesempatan atau peluang yang ada, agar posisi atau kedudukannya dapat dipertahankan dan sekaligus ditingkatkan. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan strategi segmenting pada Brilliant English Course Kampung Inggris Pare Kediri? (2) Bagaimana penerapan strategi targeting pada Brilliant English Course Kampung Inggris Pare Kediri? (3) Bagaimana penerapan strategi positioning pada Brilliant English Course Kampung Inggris Pare Kediri?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. penelitian deskriptif kualitatif ditujukan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, baik bersifat alamiah maupun rekayasa manusia, yang lebih memperhatikan mengenai karakteristik, kualitas, keterkaitan antar kegiatan. Teknik pengumpulan data dalam penulisan ini melalui wawancara, observasi, dan studi pustaka. Sumber data yang diperoleh adalah data primer dan sekunder. Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini disimpulkan sebagai berikut : (1) Brilliant EC melakukan segmentasi berdasarkan wilayah diantaranya adalah Jawa Timur dengan persentase tertinggi sebesar 46 %, Jawa Barat Sebesar 12%, DKI Jakarta sebesar 6%, dan 36% terbagi atas beberapa wilayah lainnya. Sedangkan, segmentasi berdasarkan usia lebih dari 17 tahun dengan persentase 70% dan kurang dari 16 tahun dengan persentase 30%. Segmentasi berdasarkan pendidikan diperoleh hasil 50% berlatar belakang pendidikan SMA, pendidikan S1 sebesar 12%, dan pendidikan di atas S1 sebesar 9%. (2) Strategi targeting yang digunakan oleh Brilliant EC adalah cakupan seluruh pasar dengan pasar sasaran Brilliant EC adalah menyediakan semua produk kepada seluruh segmen wilayah, pendidikan, usia, jenis kelamin, dan gaya hidup. (3) Strategi positioning Brilliant EC yaitu memiliki native speaker (pengguna bahasa asli) dengan persentae sebesar 38%, menjalin rasa kekeluargaan (we are family) sebesar 27%, dan lingkungan belajar yang natural atau alami sebesar 11%. Brilliant EC menyampaikan keunggulan secara efektif dengan menjelaskan keungulan-keunggalan yang dimilikinya kepada konsumen melalui media sosial dengan persentase sebesar 80% dan melalui face to face dengan persentase 20%.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-18

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 09 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI