PERANAN BAURAN PROMOSI DALAM USAHA MENINGKATKAN PENJUALAN PADA KERAJINAN TENUN IKAT (ATBM) CAP MEDALI MAS KEDIRI
Author (Penulis)
CAHYANING DINA ARUM
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.02.02.0086
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini di latar belakangi karena belum tercapainya secara maksimal upaya-upaya pelaksanaan bauran promosi yang dilakukan oleh perusahaan tenun ikat Cap Medali Mas. Agar perusahaan dapat meningkatkan kegiatan bauran promosi maka perusahaan harus memperhatikan alat-alat promosi, alat-alat tersebut meliputi periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan publisitas, penjualan perseorangan dan pemasaran langsung.
Yang menjadi fokus penelitian adalah alat-alat bauran promosi tersebut belum bisa dilaksanakan seutuhnya, baru hanya sebagian saja yaitu melalui pemasangan logo dan simbol, produk sampel, pasar malam dan pameran dagang, lobbying, presentasi penjualan dan electronic shopping. Penelitian ini termasuk dalam katagori penelitian diskriptif dengan penggunaan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif digunakan karena semua fenomena hasil penelitian disajikan dalam bentuk narasi dan ditafsirkan seperlunya. Oleh karena itu penelitian lapangan ini mempunyai tujuan untuk mendiskripsikan, mengungkapkan, menjelaskan bauran promosi yang dilaksanakan perusahaan.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah alat-alat bauran promosi belum bisa dilaksanakan seluruhnya, sehingga untuk pencapaian sasaran perusahaan yaitu memaksimalkan bekerjanya alat-alat bauran promosi baik secara kuantitas dan kualitas.
Kata Kunci : bauran promosi, penjualan