PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MC DONALD'S CABANG KOTA KEDIRI
Author (Penulis)
RATNA YUNI SARTIKA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.02.02.0083
Abstract
PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MC DONALD’S CABANG KEDIRI
(PADA MAHASISWA PRODI MANAJEMEN ANGKATAN 2014
UN PGRI KEDIRI)
Ratna Yuni Sartika
NPM : 13.1.01.02.0083
FAKULTAS EKONOMI – PRODI MANAJEMEN
Email : ratnayuni@gmail.com
Dr. Sri Aliami, M.M. dan Hery Purnomo, M.M.
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berkembangnya restoran siap saji di Indonesia beberapa tahun terakhir yang sangat pesat, sehingga terjadi persaingan antar produsen tentang bagaimana memasarkan produknya di masyarakat.Salah satu restoran siap saji yang berkembang saat ini adalah Mc Donald’s. Sebagai restoran cepat saji ternama, penting untuk Mc Donald’s untuk memperbaiki kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan unutuk memehuhi kepuasan konsumen supaya mampu untuk bersaing dengan restoran cepat saji lainnya.
Permasalahan penelitian ini adalah(1)Adakah pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Mc Donald’s cabang kediri?(2)Adakah pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan pada Mc Donald’s cabang kediri?(3)Adakah pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada Mc Donald’s cabang kediri?(4)Adakah pengaruh kualitas pelayanan, harga dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada Mc Donald’s cabang kediri?.
Dalam penelitian ini pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif.Teknik penelitian yang digunakan adalah sampling kuota. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan McDonald’s dari bulan april sam juni 2017. Besarnya jumlah sampel dihitung dengan menggunakan rumus Widyanto sebanyak 100 orang dan teknik penentuan sampelnya menggunakan teknik nonprobability sampling.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis dengan bantuan program SPSS versi 23.
Hasil penelitian ini adalah(1)ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan Mc Donald’s cabang Kediri.(2)Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara harga terhadap kepuasan pelanggan Mc Donald’s cabang Kediri.(3Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Mc Donald’s cabang Kediri.(4) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini menunjukan bahwa semakin baik kualitas pelayanan Mc Donald’s cabang Kediri semakin banyak pula pelanggan.
Kata Kunci : Kualitas Produk,Harga,Kualitas Pelayanan,Kepuasan Pelanggan..