Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Gober Gadget Pocanan di Kota Kediri


Author (Penulis)

I GUSTI AGUNG AYU PUTU A.W.P
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0082

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa dalam dunia bisnis salah satu usaha yang menarik pebisnis dan memiliki persaingan yang tinggi adalah dalam usaha counter. Untuk menarik minat para pelanggan, maka dibutukan promosi yang efektif, harga yang terjangkau dibandingkan dengan harga yang ditawarkan oleh pesaing, dan juga dapat memberikan kualitas pelayanan yang baik agar pelanggan merasa puas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Pengaruh Harga terhadap Kepuasan Pelanggan, (2) Pengaruh Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan, (3) Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan, (4) Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Gober Gadget Pocanan di Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah semua pelanggan yang membeli barang atau menikmati jasa, yaitu sebanyak 300 pengunjung pada bulan Mei di Gober Gadget Pocanan Kediri. Pengambilan sampel menggunakan dengan metode accidental sampling. Sampel yang diambil berdasarkan siapa saja yang kebetulan bertemu dengan peneliti dan dianggap cocok menjadi sumber data dan pernah berbelanja minimal sebanyak 2 kali dan dianalisis menggunakan bantuan SPSS versi 23 dan diukur dengan menggunakan rumus Slovin, sehingga sampel yang diambil sebanyak 150. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: (1) harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan, (2) promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan, (3) kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan, (4) harga, promosi, dan kualitas pelayanan secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-13

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 10 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI