PENGARUH LOKASI, KUALITAS PELAYANAN, DAN KELENGKAPAN PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN TOKO BANGUNAN MITRA PAPAN KEDIRI
Author (Penulis)
RISKY ALFIAN EKA NANDA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.02.02.0080
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya peningkatan loyalitas konsumen untuk eksistensi perusahaan. Loyalitas konsumen bisa dipengaruhi faktor lokasi, kualitas pelayanan, dan kelengkapan produk.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah lokasi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada Toko Bangunan “Mitra Papan” Kediri? (2) Apakah kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada Toko Bangunan “Mitra Papan” Kediri? (3) Apakah kelengkapan produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada Toko Bangunan “Mitra Papan” Kediri? (4) Apakah lokasi, pelayanan dan kelengkapan produk secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen Toko Bangunan “Mitra Papan” Kediri?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah dengan menyebarkan lembar kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 100 responden, yang diukur menggunakan metode skala likert dengan subyek penelitian adalah pengunjung “Toko Bangunan Mitra Papan” Kediri pada saat melakukan penelitian.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa lokasi, kualitas pelayanan dan kelengkapan produk berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen pada “Toko Mitra Papan” Kediri.
Kesimpulan hasil penelitian ini terdapat simpulan dari penelitian ini yaitu dengan lokasi yang strategis serta lokasi parkir yang nyaman, kualitas pelayanan yang baik dan ramah serta kelengkapan produk dapat menciptakan loyalitas konsumen. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian menggunakan analisis Uji F (simultan) menunjukkan nilai sig = 0,000 < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima, bahwa lokasi, kualitas pelayanan dan kelengkapan produk berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen.
KATA KUNCI : Lokasi, Kualitas Pelayanan, Kelengkapan Produk, Loyalitas Konsumen.