PENGARUH KEMASAN, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BERAS KEMASAN MEREK UD. PADI MULYA NGANJUK (STUDI PADA MASYARAKAT DESA BANDUNG)


Author (Penulis)

NELISA YUVITA TANTRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0079

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman penulis pada saat berkunjung ke lokasi, bahwa pada tempat yang diteliti mempunyai masalah-masalah yang menarik untuk diteliti. Di Indonesia sendiri merupakan negara agraris yang masyarakatnya cenderung berprofesi sebagai petani dan menghasilkan bahan pangan contohnya seperti beras. Sehingga tidak heran bahwa banyak industri salah satunya Huller. Untuk tetap bersaing dalam menciptakan suatu produk maka harus memiliki beberapa strategi dan mempertimbangkan beberapa faktor diantaranya: kemasan, kualitas produk dan harga. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan kemasan, kualitas produk, dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian Beras Kemasan Merek UD Padi Mulya Nganjuk. Dengan mengetahui permasalahan tersebut penulis melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui apakah kemasan, kualitas produk, dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Beras Kemasan Merek UD Padi Mulya Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah dengan menyebarkan lembar kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 40 responden, yang diukur menggunakan metode skala likert dengan subyek penelitian adalah Masyarakat Desa Bandung. Teknik pengambilan sampel dengan mengguanakan teknik Nonprobability Sampling. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis linier berganda dengan software SPSS for windows versi 23. Dari hasil penelitian terdapat kesimpulan bahwa kemasan, kualitas produk yang baik, dengan harga yang terjangkau dapat menciptakan keputusan pembelian. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu proses pembelajaran serta pengaplikasian ilmu pengetahuan. Penelitian dan pengujian menggunakan analisis Uji F (simultan) ini menunjukkan nilai sig = 0,000 < 0,05 yang artinya Ha diterima, bahwa kemasan, kualitas produk, dan harga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Beras Kemasan Merek UD Padi Mulya Nganjuk. Hal ini semoga dapat memberikan informasi kepada perusahaan tentang pengaruh kemasan, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian beras kemasan merek UD Padi Mulya KATA KUNCI : kemasan, kualitas produk, harga, keputusan pembelian.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-14

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 11 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI