PENGARUH KESADARAN MEREK, KEPERCAYAAN MEREK DAN PERSEPSI KUALITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BAKMI MEWAH PADA MAHASISWA MANAJEMEN UN PGRI KEDIRI
Author (Penulis)
AFDAN ADITYA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.02.02.0067
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena banyaknya bermunculan mie instan dalam kemasan dengan berbagai merek, jenis dan varian yang tentunya secara mudah dapat ditemukan di toko-toko kecil, mini market bahkan super market. Kemunculan merek-merek baru semakin memperketat persaingan diantara merek mie instan yang sudah ada sebelumnya. Dengan adanya persaingan yang begitu ketat perusahaan mie instan siap konsumsi dituntut untuk mampu mempertahankan posisinya atau menggeser kompetitor lainnya dalam menguasai pangsa pasar.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu (1) apakah kesadaran merek, kepercayaan merek dan persepsi kualitas secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Bakmi Mewah ? (2) apakah kesadaran merek, kepercayaan merek dan persepsi kualitas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Bakmi Mewah?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 82 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji asumsi klasik, Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Koefisien Determinasi dan Uji Hipotesis. dengan bantuan program SPSS For Windows Versi 23.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) kesadaran merek, kepercayaan merek dan persepsi kualitas secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Bakmi Mewah. (2) Kesadaran merek, kepercayaan merek dan persepsi kualitas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Bakmi Mewah.
Kata Kunci: Kesadaran Merek, Kepercayaan Merek, Persepsi Kualitas, Keputusan Pembelian.