Nilla Agustina : Peran Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Gula Pasir Pada UD. Sabar Subur, Skripsi, Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas nusantara PGRI Kediri, 2018.
Kata Kunci : kualitas pelayanan, harga, lokasi dan keputusan pembelian.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Gula pasir merupakan salah satu dari sembilan bahan kebutuhan pokok. Sebagai salah satu bahan pangan pokok, konsumsi gula selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) Pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian gula pasir pada UD. Sabar Subur secara parsial. (2) Pengaruh yang signifikan antara harga terhadap keputusan pembelian gula pasir pada UD. Sabar Subur secara parsial. (3) Pengaruh yang signifikan antara lokasi terhadap keputusan pembelian gula pasir pada UD. Sabar Subur secara parsial. (4) Pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan, harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian gula pasir pada UD. Sabar Subur secara simultan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penelitian korelasi sederhana, yaitu suatu penelitian untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih tanpa ada upaya untuk mempengaruhi variabel tersebut sehingga tidak ada manipulasi variabel. Sampel yang digunakan sebanyak 40 orang yang merupakan konsumen UD. Sabar Subur. Teknik pengambilan sampel Incidental sampling. Teknik analisis menggunakan regresi linier berganda dengan software SPSS for windows versi 23.
Hasil penilitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian gula pasir pada UD. Sabar Subur secara parsial, variabel harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian gula pasir pada UD. Sabar Subur secara parsial, variabel lokasi berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian gula pasir pada UD. Sabar Subur secara parsial, variabel kualitas pelayanan, harga dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian gula pasir pada UD. Sabar Subur secara simultan.
Fahmi, Irham. 2011. Manajemen pengambilan keputusan teori dan aplikasi. Bandung.
Alfabeta
Buchari Alma, 2013.Manajemen Pemasaran dan Jasa. Bandung. Alfabeta
Wibowo Ari. 2014. Pengaruh Kualitas Layanan, Harga Dan Lokasi Terhadap
Keputusan Pembelian Di “D’Stupid Baker” Surabaya
Hakim, M. Maulana Dzikril. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, Lokasi Dan Promosi Terhadap keputusan Pembelian di Sas café n resto Surabaya
Akbar, Panji Arief. 2011. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda
Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium diterjemahkan Benyamin
Molan. Jakarta : PT. Prehallindo.
Kotler, Philip. 2013. Manajemen Pemasaran : Analisis, perencanaan, Implementasi,
dan kantor. Jakarta : PT. Prehallindo.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12.
Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Kotler, Philip dan Keller Kevin Lane. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi 13.
Jilid 2. Jakarta : Erlangga.
Fandy, Tjiptono, 2011, Pemasaran Jasa. Bayumedia, Malang.
Tjiptono, Fandy, Ph.D. 2014. Pemasaran Jasa. Andi. Yogyakarta
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, 2012, Pemasaran Strategik. Yogyakarta,
ANDI