PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA CV. AMRITA TOUR KEDIRI (Studi Pada Mahasiswa Manajemen UN PGRI Kediri)
Author (Penulis)
LOLA SYAH LUTA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.02.02.0063
Abstract
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA CV AMRITA TOUR KEDIRI
(Studi pada Mahasiswa Manajemen UN PGRI Kediri)
Lola Syah Luta
13.1.02.02.0063
Ekonomi – Manajemen
Lolasyahluta14@gmail.com
Dr. H. Samari, SE., M.M. dan Sigit Ratnanto, S.T., M.M.
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman penulis pada saat berkunjung ke lokasi, bahwa pada tempat yang diteliti mempunyai masalah-masalah yang menarik untuk untuk diteliti. Salah satunya banyak bermunculan pesaing-pesaing dalam dunia usaha. Dengan adanya persaingan yang begitu ketat perusahaan biro jasa travel dituntut untuk mampu mempertahankan posisinya atau menggeser kompetitor lainnya dalam menguasai pangsa pasar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan CV Amrita Tour Kediri ? (2) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara harga terhadap kepuasan pelanggan CV Amrita Tour Kediri ? (3) Apakah ada pengaruh yang signifikan antar promosi terhadap kepuasan pelanggan CV Amrita Tour Kediri ? (4) Apakah kualitas pelayanan, harga dan promosi berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan CV Amrita Tour Kediri ?
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 82 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji asumsi klasik, Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Koefisien Determinasi dan Uji Hipotesis. Dengan bantuan program SPSS For Windows Versi 23.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan (2) Harga berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan (3) Promosi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan (4) Kualitas pelayanan, harga dan promosi berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kepuasan pelanggan pada CV Amrita Tour Kediri.
KATA KUNCI : Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, Kepuasan Pelanggan