PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, ATMOSFER DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA CAFE RIZKY
Author (Penulis)
BIMA RAHMA DHANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.02.02.0050
Abstract
Pesaing yang semakin ketat ini menuntut para pelaku bisnis untuk semakin memaksimalkan
kinerja perusahaannya agar dapat bersaing di pasar.Perusahaan harus berusaha keras untuk
mempelajari dan memahami kebutuhan dan keinginan pelanggannya.Dengan memahami kebutuhan,
keinginan dan permintaan konsumen, maka akan diperoleh masukan penting bagi perusahaan untuk
merancang strategi pemasaran agar dapat menciptakan kepusasan bagi konsumennya
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas
pelayanan,,atmosfer, dan lokasi baik secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan konsumen.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data membagikan kuesioner
kepada responden.Adapun sampel terpilih sebanyak 50 orang.Teknik analisis data menggunakan uji
asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis.
Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) nilai t hitung 2,825> t table
1,679 dan nilai sig. 0,007< 0,05 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Maka kualitas pelayanan
secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. (2) nilai t hitung 2,251> t table
1,679 dan nilai sig. 0,029< 0,05 yang artinya H0 ditolak dan H2 diterima. Maka atmosfer secara
parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. (3) nilai t hitung 8,143> t table 1,679
dan nilai sig. sebesar 0,000< 0,05 yang artinya H0 ditolak dan H3 diterima. Maka lokasi secara
parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. (4) nilai F hitung 29,635>F tabel 2,807
dan nilai sig. 0,000 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan H4 diterima. Sehingga secara simultan kualits
pelayanan, atmosfer, dan lokasi, berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, maka implikasi praktis yang dapat dilakukan oleh
pemilik cafe terkait dengan hasil penelitian ini adalah kualitas pelayananm, atmosfer, dan lokasi pada
cafe rizkysudah cukup baik.Namun, sejalan dengan semakin meningkatnya tuntutan masyarakat
terhadap produk yang sesuai kebutuhan konsumen dan dapat bersaing dengan produsen lain, maka
untuk meningkatkan kepuasan konsumen, kualitas pelayanan, atmosfer, dan lokasi perlu ditingkatkan
lebih baik lagi.
KATA KUNCI :harga, atmosfer,lokasi, kepuasan konsumen