PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, ATMOSFER DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA CAFE RIZKY


Author (Penulis)

BIMA RAHMA DHANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0050

Abstract

Pesaing yang semakin ketat ini menuntut para pelaku bisnis untuk semakin memaksimalkan kinerja perusahaannya agar dapat bersaing di pasar.Perusahaan harus berusaha keras untuk mempelajari dan memahami kebutuhan dan keinginan pelanggannya.Dengan memahami kebutuhan, keinginan dan permintaan konsumen, maka akan diperoleh masukan penting bagi perusahaan untuk merancang strategi pemasaran agar dapat menciptakan kepusasan bagi konsumennya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan,,atmosfer, dan lokasi baik secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data membagikan kuesioner kepada responden.Adapun sampel terpilih sebanyak 50 orang.Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) nilai t hitung 2,825> t table 1,679 dan nilai sig. 0,007< 0,05 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Maka kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. (2) nilai t hitung 2,251> t table 1,679 dan nilai sig. 0,029< 0,05 yang artinya H0 ditolak dan H2 diterima. Maka atmosfer secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. (3) nilai t hitung 8,143> t table 1,679 dan nilai sig. sebesar 0,000< 0,05 yang artinya H0 ditolak dan H3 diterima. Maka lokasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. (4) nilai F hitung 29,635>F tabel 2,807 dan nilai sig. 0,000 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan H4 diterima. Sehingga secara simultan kualits pelayanan, atmosfer, dan lokasi, berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, maka implikasi praktis yang dapat dilakukan oleh pemilik cafe terkait dengan hasil penelitian ini adalah kualitas pelayananm, atmosfer, dan lokasi pada cafe rizkysudah cukup baik.Namun, sejalan dengan semakin meningkatnya tuntutan masyarakat terhadap produk yang sesuai kebutuhan konsumen dan dapat bersaing dengan produsen lain, maka untuk meningkatkan kepuasan konsumen, kualitas pelayanan, atmosfer, dan lokasi perlu ditingkatkan lebih baik lagi. KATA KUNCI :harga, atmosfer,lokasi, kepuasan konsumen

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-15

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 02 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI