PENGARUH DAYA TARIK IKLAN, KREATIVITAS IKLAN DAN KREDIBILITAS ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PASTA GIGI PEPSODENT (Studi Pada Konsumen di Kecamatan Gurah)


Author (Penulis)

NUR HAMIDAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0046

Abstract

PENGARUH DAYA TARIK IKLAN, KREATIVITAS IKLAN, DAN KREDIBILITAS ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PASTA GIGI PEPSODENT (STUDI PADA KONSUMEN DI KECAMATAN GURAH) NUR HAMIDAH NPM : 13.1.01.02.0046 FAKULTAS EKONOMI – PRODI MANAJEMEN Email : hamidahnur289@yahoo.co.id Dr. Lilia Pasca Riani, M.Sc. dan Dhiyan Septa W., M.M. UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi pada keputusan pembelian pasta gigi Pepsodent dengan iklan sebagai salah satu unsur yang dijadikan bahan pertimbangan oleh konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Iklan merupakan sebuah sarana untuk mempromosikan barang atau jasa yang ingin ditawarkan, terutama kepada masyarakat. Bagi sebagian besar perusahaan, iklan menjadi suatu pilihan yang menarik, disamping sebagai sumber informasi, iklan juga dipandang sebagai media hiburan dan komunikasi pemasaran untuk menjangkau target pasar terutama jika ditayangkan ditelevisi. Sebuah iklan harus memiliki daya tarik tersendiri dengan menampilkan iklan yang kreativ dan menampilkan endorser yang tepat yang mampu menguasai tentang produk yang sedang diiklankan. Tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah 1) Pengaruh yang signifikan antara daya tarik iklan secara parsial terhadap keputusan pembelian pasta gigi Pepsodent, 2) Pengaruh yang signifikan antara kreativitas iklan terhadap keputusan pembelian pasta gigi Pepsodent, 3) Pengaruh yang signifikan antara kredibilitas endorser terhadap keputusan pembelian pasta gigi Pepsodent, 4) Pengaruh yang signifikan antara daya tarik iklan, kreativitas iklan dan kredibilitas endorser secara simultan terhadap keputusan pembelian pasta gigi Pepsodent. Dalam penelitian ini, pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah kausalitas. Populasi penelitian ini adalah semua konsumen pasta gigi Pepsodent di kecamatan Gurah dan sampel yang digunakan berjumlah 100 responden dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Secara parsial, variabel daya tarik iklan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai 0,001, 2) Secara parsial kreativitas iklan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai 0,013 dan 3) secara parsial, kredibilitas endorser berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai 0,001. 4) Secara simultan (bersama-sama) variabel daya tarik iklan, kreativitas iklan dan kredibilitas endorser berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai 30,817. Kata Kunci : Daya Tarik Iklan, Kreativitas Iklan, Kredibilitas Endorser, Keputusan Pembelian.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-07

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 01 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI