PENGARUH ATMOSFER TOKO, HARGA DAN CITRA TOKO TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN TOKO ARBA JAYA DI PASAR WAGE NGANJUK


Author (Penulis)

ARI WIDYAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0044

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh persaingan dunia binis yang semakin ketat, terutama pada perusahaan ritel baik modern maupun traditional. Ketatnya persaingan disebabkan banyaknya usaha ritel yang terus tumbuh baik modern dan traditional karena daya beli konsumen yang semakin meningkat. Kunci yang dilakukan perusahaan dalam meraih keloyalitasan pelanggan tidaklah mudah dengan memaksimalkan pengaturan atmosfer toko, harga yang tepat serta citra toko yang baik di benak konsumen.Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh Atmosfer terhadap loyalitas pelanggan pada toko Arba Jaya di Pasar Wage Nganjuk ? (2) Adakah pengaruh harga terhadap loyalitas pelanggan pada toko Arba Jaya di Pasar Wage Nganjuk ? (3) Adakah pengaruh citra toko terhadap loyalitas pelanggan pada toko Arba Jaya di Pasar Wage Nganjuk ? (4) Adakah pengaruh Atmosfer toko ,harga dan citra toko terhadap loyalitas pelanggan pada toko Arba Jaya di Pasar Wage Nganjuk ? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif yaitu peneliti memproses data dari penyebaran kuisioner yang telah disebar dengan cara memberi symbol angka untuk selanjunya diolah dengan menggunakan SPSS versi 23. Dalam penelitian ini pelanggan toko Arba Jaya di pasar wage Nganjuk tahun 2017 dengan sampel sebanyak 35 responden. Serta menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Kesimpulannya dari penelitian ini adalah (1) Atmosfer toko berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan toko Arba Jaya di pasar Wage Nganjuk. (2) Harga berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan toko Arba Jaya di pasar Wage Nganjuk. (3) Citra toko berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan toko Arba Jaya di Pasar Wage Nganjuk. (4) Atmosfer toko , harga dan Citra toko berpengaruh positif signifikan secara simultan (bersama sama) terhadap loyalitas pelanggan toko Arba Jaya di Pasar Wage Nganjuk. Ketiga variable juga menunjukan besarnya variasi loyalitas pelanggan yaitu sebesar 93,8% .Berdasarkan simpulan hasil penelitan ini ,direkomendasikan: Toko Arba Jaya di Pasar Wage Nganjuk untuk selalu berinovasi terus dan mempertahankan ketiga variable yang sudah memberikan pengaruh yang signifikan agar meningkatkan keloyalan pelanggan sehingga meningkatkan laba. KATA KUNCI : Atmosfer toko, Harga, Citra toko, Loyalitas pelanggan

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-10

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 03 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI