PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI DISTRO EAST PROJECT DI KEDIRI TAHUN 2017


Author (Penulis)

NUR KHOLIQ
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0041

Abstract

Nur Kholiq. 13.1.02.02.0041. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Lokasi terhadap Kepuasan Pelanggan di Distro East Project di Kediri Tahun 2017. Skripsi, Manajemen, Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri, 2017. Kata kunci: Kualitas Produk, Harga, Lokasi dan Kepuasan Pelanggan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peningkatan akan adanya distro di zaman modern ini mengakibatkan ketatnya persaingan dalam bisnis. Hal ini tercermin dari semakin banyaknya perusahaan distro yang menyertakan komitmennya terhadap kepuasan pelanggan dalam pernyataan misinya, iklan, maupun public relations release. Kunci utama perusahaan untuk memenangkan persaingan adalah memberikan nilai dan kepuasan kepada pelanggan melalui penyampaian produk dan jasa yang berkualitas dengan harga yang bersaing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga dan lokasi secara simultan terhadap kepuasan pelanggan di Distro East Project di Kediri Tahun 2017. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Tempat penelitian dilakukan Distro East Project di Kediri pada bulan Maret sampai Juli tahun 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah responden Distro East Project Di Kediri sebanyak 70 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 40 orang dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda yaitu uji-t dan uji F. Berdasarkan hasil uji dapat disimpulkan bahwa secara parsial (uji-t): kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan, harga berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan lokasi secara signifikan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa pengaruh kualitas produk, harga dan lokasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan dari perolehan koefisien determinasi (adjusted R square) yang diperoleh sebesar 0,516. Hal ini berarti 51,6% dapat dijelaskan oleh variabel kualitas produk, harga dan lokasi sedangkan sisanya yaitu 48,4% kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini maka direkomendasikan: 1) Bagi Pemilik Distro dapat digunakan sebagai bahan masukan dan pertimbangan bagi pemilik Distro East Project dalam mengembangkan strategi dalam menghadapi persaingan, bahwa pemilik Distro East Project sudah mampu mengembangkan strategi pemasaran dengan variabel yang diambil dalam penelitian ini tetapi pada bagian manajemen keuangan masih menggunakan sistem yang sederhana sehingga diharapkan perlu dibenahi guna menunjang keberhasilan perusahaan dalam mengatur sistem keuangan sehingga menjadi lebih baik. 2) Bagi Konsumen dapat memberikan tambahan informasi kepada konsumen dalam membeli produk di Distro East Project dengan cara menyebarkan brosur yang didalamnya memberikan kode harga pada produk-produk yang dijual agar dapat menarik konsumen untuk berbelanja. 3) Bagi penelitian selanjutnya bahwa kualitas produk, harga, dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Dengan demikian dari hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi penelitian selanjutnya tentunya yang berkaitan dengan strategi pemasaran pada variabel kualitas produk, harga, dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-09

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 02 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI