PENGARUH KERAGAMAN PRODUK, PERSEDIAAN PRODUK, DAN CITRA TOKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SWALAYAN ARTA KEDIRI
Author (Penulis)
AHMAD FIRORI ILA ILAHI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.02.02.0033
Abstract
Kemajuan dibidang perekonomian selama ini telah banyak membawa akibat perkembangan yang pesat dalam bidang usaha retail. Hal ini akan menimbulkan persaingan diantara perusahaan-perusahaan tersebut, dan membuat para konsumen lebih teliti dalam memilih perusahaan retail yang benar-benar dapat memberikan produk yang sesuai dengan keinginan mereka
Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu : keragaman produk, persediaan produk, citra toko, dan keputusan pembelian. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non probability sampling, diambil sebanyak 40 responden.
Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, uji t dan uji F.
Hasil uji secara pasrsial (uji t) menunjukkan bahwa keragaman produk, persediaan produk, dan citra toko mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Begitu juga uji secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa keragaman produk, persediaan produk, dan citra toko secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan simpulan hasil penelitian, disarankan untuk Swalayan Arta Kediri harus meningkatkan keragaman produk, persediaan produk, dan citra toko di Swalayan Athamart Kediri dapat terpenuhi.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi untuk penelitian selanjutnya, dan dapat dijadikan dasar pengambilan keputusan dalam meningkatkan keputusan pembelian.
KATA KUNCI : Keragaman Produk, Persediaan Produk dan Keputusan Pembelian