pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan komitmen terhadap kepuasan nasabah kredit pada bank jatim cabang pembantu rejoso
Author (Penulis)
NOVI KARTIKASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.02.02.0019
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketatnya persaingan industri jasa perbankan. Bank merupakan suatu lembaga keuangan yang bergerak dibidang jasa keuangan. Bank sebagai lembaga jasa keuangan yang mempunyai fungsi sebagai perantara keuangan yang memobilisasi dana dari masyarakat dan menyalurkan dana tersebut kepada masyarakat dalam bentuk kredit untuk membiayai usaha atau kebutuhan konsumtif. Lembaga perbankan harus memperhatikan kelangsungan hidup bank dengan menjaga atau menimbulkan kepercayaan masyarakat pada sebuah bank agar nasabah yang ada tidak berpindah kepada bank lain.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan komitmen secara persial & simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah kredit pada Bank Jatim Cabang Pembantu Rejoso.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Purposive Sampling adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu dengan jumlah sampel 80 responden yang diperoleh dengan rumus slovin. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis dengan bantuan program SPSS for windows Versi 23.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) secara parsial kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan, sedangkan komitmen berpengaruh negatif terhadap kepuasan nasabah kredit. (2) secara simultan kualitas produk, kualitas pelayanan, dan komitmen berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah.
KATA KUNCI : kualitas produk, kualitas pelayanan, komitmen, kepuasan nasabah.