PENGARUH KEPERCAYAAN, KEAMANAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI SITUS ONLINE STORE LAZADA SEBAGAI E-COMMERCE TERPERCAYA DI INDONESIA


Author (Penulis)

DINO ACHRIZA ILHAM
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0018

Abstract

ABSTRAK Perkembangan bisnis jasa telah diwarnai oleh persaingan yang semakin ketat. Salah satunya pada sektor keuangan khususnya koperasi telah mengalami kemajuan yang positif. Koperasi menempati peran yang penting dalam memberdayakan dan mensejahterakan perekonomian. Semakin ketat persaingan antar koperasi, maka koperasi harus mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas untuk memenangkan persaingan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan penanganan keluhan, kepercayaan, dan kepuasan terhadap loyalitas anggota Koperasi Wanita (KOPWAN) “Sejahtera”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian kausalitas serta dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan studi kepustakaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi 40 responden anggota Koperasi Wanita (KOPWAN) “Sejahtera” yang berada di Desa Gayam Kecamatan Gurah dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan software SPSS for Windows versi 23. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) Penanganan keluhan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas anggota Koperasi Wanita (KOPWAN) “Sejahtera”, dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05; (2) Kepercayaan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas anggota Koperasi Wanita (KOPWAN) “Sejahtera”, dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,008 < 0,05; (3) Kepuasan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas anggota Koperasi Wanita (KOPWAN) “Sejahtera”, dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05; (4) Penanganan keluhan, kepercayaan, dan kepuasan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas anggota Koperasi Wanita (KOPWAN) “Sejahtera”, hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai f hitung > f tabel (85,335 > 2,87). Penelitian ini dapat digunakan sebagai sumbangan pemikiran bagi koperasi dalam menentukan kebijaksanaan yang berhubungan dengan penanganan keluhan, kepercayaan, dan kepuasan pelanggan sehingga diharapkan dapat meningkatkan dan terus mengembangkan strategi serta mengembangkan kinerja pelayanan lainnya sehingga loyalitas anggota akan semakin meningkat. Kata Kunci : Penanganan Keluhan, Kepercayaan, Kepuasan, Loyalitas Anggota

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-10

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 05 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI