PENGARUH CITRA TOKO, KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA APOTEK ALYA FARMA NGADILUWIH KEDIRI
Author (Penulis)
DEWI ASRONIYATIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.02.02.0014
Abstract
ABSTRAK
Semakin berkembangnya usaha dagang ternyata bermunculan usaha yang menyakinkan yaitu sebuah usaha apotek, dalam hal ini apotek termasuk usaha yang dapat bersaing didalam dunia bisnis akan tetapi tidak dapat dilupakan semakin hari akan semakin banyak bermunculan apotek lain yang akan memperketat persaingan dan tentunya hal ini membuat apotek harus dapat mempertahankan eksistensinya dalam segala aspek contohnya dalam dilihat dari aspek citra toko yang baik hal itu akan menimbulkan rasa yang percaya serta kualitas pelayanan yang seperti diharapakan para konsumen hal tersebut juga sangat mepengaruhi konsumen dalam memlakuakn pembelian dan juga harga adalah salah satu contoh aspek yang berpengaruh. Aspek tersebut dapat menjadi perhatian yang lebih karena dapat mempengaruhi keputusan konsumen maka dari itu banyak faktor-faktor yang menjadi pertimbangan konsumen seperti : citra toko, kualitas pelayanan dan harga.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh citra toko terhadap keputusan pembelian pada Apotek Alya Farma Ngadiluwih Kediri ? (2) Adakah pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Apotek Alya Farma Ngadiluwih Kediri ? (3) Adakah pengaruh harga terhadap keputusan pembelian pada Apotek Alya Farma Ngadiluwih Kediri ? (4) Adakah pengaruh citra toko, kualitas pelayanan dan harga secara simultan terhadap keputusan pembelian pada Apotek Alya Farma Ngadiluwih Kediri ?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah yang konsumen yang membeli produk pada apotek Alya Farma Ngadiluwih Kediri sebanyak 40 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, wawancara dan study kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, uji t dan uji F dengan software SPSS for windows versi 23 .
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh signifikan antara citra toko terhadap keputusan pembelian pada Apotek Alya Farma Ngadiluwih Kediri. (2) Ada pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Apotek Alya Farma Ngadiluwih Kediri. (3) Ada pengaruh signifikan antara harga terhadap keputusan pembelian pada Apotek Alya Farma Ngadiluwih Kediri. (4) Ada pengaruh signifikan antara citra toko, kualitas pelayanan, dan harga secara simultan terhadap keputusan pembelian pada Apotek Alya Farma Ngadiluwih Kediri.
KATA KUNCI : Citra Toko, Kualitas Pelayanan, Harga, Keputusan Pembelian