PENGARUH DESAIN PRODUK, CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TENUN IKAT AAM KODOK NGOREK PUTRA BANDAR KIDUL KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

DYAH PUTRI WULANDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0012

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa penilaian tinggi rendahnya keputusan pembelian perlu dilakukan untuk mengetahui seberapa besar keputusan pembelian konsumen terhadap tenun ikat AAM Putra. Persaingan antar pengrajin tenun ikat yang semakin ketat, pengrajin perlu mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian guna untuk memenangkan persaingan jika dilihat dari segi desain produk, harga, dan citra merek. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh secara signifikan (1) Desain produk terhadap keputusan pembelian pada Tenun Ikat AAM Kodok Ngorek Putra Bandar Kidul Kota Kediri, (2) Harga terhadap keputusan pembelian pada Tenun Ikat AAM Kodok Ngorek Putra Bandar Kidul Kota Kediri, (3) Citra merek terhadap keputusan pembelian pada Tenun Ikat AAM Kodok Ngorek Putra Bandar Kidul Kota Kediri, (4) Desain produk, harga, dan citra merek terhadap keputusan pembelian pada Tenun Ikat AAM Kodok Ngorek Putra Bandar Kidul Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian kausalitas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi 40 responden konsumen tenun ikat AAM Putra Bandar Kidul Kota Kediri dengan metode Purposive Sampling dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan software SPSS for Windows versi 23. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) Desain produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian tenun ikat AAM Putra, (2) Harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian tenun ikat AAM Putra, (3) Citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian tenun ikat AAM Putra, (4) Desain produk, harga, dan citra merek secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian tenun ikat AAM Putra,. Hal ini berarti semakin meningkatnya pengaruh desain produk, harga dan citra merek akan mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian disarankan bagi para pengrajin tenun ikat untuk tetap memperhatikan kebutuhan dan selera konsumennya dengan baik. Dan untuk peneliti selanjutnya sebaiknya dapat mengkaji lebih dalam selain variabel dalam penelitian ini agar lebih variatif lagi dalam mengetahui faktor keputusan pembelian. Kata Kunci : Desain Produk, Harga, Citra Merek dan Keputusan Pembelian

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-10

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 05 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI