ANALISIS PENGARUH SIKAP PRAMUNIAGA, PROFESIONALISME PRAMUNIAGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUNEN DI ALFAMART KATANG KEDIRI


Author (Penulis)

ZIAN AYU FAHRUR NISAQ
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0011

Abstract

ABSTRAK Banyaknya bermunculan minimarket diberbagai daerah membuat persaingan diantara minimarket lainnya untuk mampu mempertahankan posisinya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahuipengaruhsikap pramuniaga, profesionalisme pramuniaga, dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen di Alfamart Katang Kedirisecaraparsialatausimultan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah kuisioner (angket). Pertanyaan-pertanyaan yang digunakan dalam angket disusun berdasarkan skala likert. Pengukuran kuisioner menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas yang diuji menggunakan SPSS v.23 for windows yang menunjukkan hasil valid dan reliabel.Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji pengaruh secara parsial serta F-statistik untuk menguji pengaruh secara bersama-sama yang diuji menggunakan SPSS v.23 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap pramuniaga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai signifikan 0,021 < 0,05, profesionalisme pramuniaga secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai signifikan 0,970 > 0,05, kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai signifikan 0,000< 0,05. Secara simultan variabel sikap pramuniaga, profesionalisme pramuniaga,dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai signifikan 0,000. Variabel yang dominan memberikan pengaruh terbanyak pada kepuasan konsumen adalah variabel kualitas produk dibuktikan dengan nilai beta paling tinggi dari variabel lainnya yaitu sebesar 0,578. Sedangkan variabel yang memberikan pengaruh paling sedikit terhadap kepuasan konsumen yaitu variabel profesionalisme pramuniaga dibuktikan dengan nilai beta terkecil dibanding variabel lainnya yaitu sebesar 0,02. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi untuk peneliti selanjutnya, dan dapat dijadikan dasar bagi perusahaan untuk pengambilan keputusan dalam meningkatkan kepuasan konsumen. KATA KUNCI:Sikap Pramuniaga, Profesionalisme Pramuniaga, Kualitas Prodok, Kepuasan Konsumen.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-15

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 03 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI