ANALISIS PADA UD AYAM MAS ( AYAM POTONG) MENGGUNAKAN PORTER FIVE FORCES DESA BESUKI KABUPATEN TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

TUTUT ELSA ELJISA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0006

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya persaingan yang semakin ketat di industri peternakan ayam potong. Di samping itu, kondisi lingkungan eksternal yang tidak menentu khususnya pasar sejak Januari 2017 mengalami penurunan harga daging ayam yang cukup tajam. UD Ayam Mas mampu mempertahankan eksistensinya di lingkungan yang kurang menguntungkan tersebut melalui beberapa strategi yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi apa yang digunakan UD Ayam Mas dalam mempertahankan eksistensinya di Industri ayam potong. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif yang memfokuskan dalam pengungkapan strategi porter’s five forces dengan subyek penelitian yaitu UD Ayam Mas. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kondisi UD Ayam Mas dalam industri ayam potong berada dalam posisi aman, terbukti dari rendahnya pendatang baru yang masuk, ancaman produk pengganti yang relatif mahal dan kekuatan tawar menawar pembeli yang relatif terkendali.(2)Kondisi lingkungan eksternal masih dalam intensitas sedang, terbukti dari rendahnya pendatang baru masuk karena modal yang tinggi, produk pengganti yang relatif sedikit dipasaran dan kecenderungan dalam kondisi yang cukup mahal. (3) Strategi berkelanjutan yang dilakukan UD Ayam Mas yaitu strategi kepemimpinan biaya yang ditujukan untuk menciptakan brand demi pemenuhan harga yang stabil, strategi diferensiasi produk lebih mengarahkan kepada pemberian ciri melalui bibit yang unggul dan proses pemeliharaan yang sehat, dan strategi fokus yang diarahkan untuk menciptakan tujuan jangka panjang sebagai pemimpin pasar dalam industri ayam potong. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan (1) mempertahankan strategi kepemimpinan biaya dan strategi fokus agar tercipta brand dimata konsumen sebagai produk yang unggul dalam kualitas dan harga yang stabil. (2) penelitian selanjutnya diharapkan dapat lebih menggali kajian yang dapat membantu dalam penciptaan kerangka rumusan strategi yang baru agar ketiga strategi tersebut dapat lebih mudah di interpretasikan oleh pelaku industri ayam potong yang lainnya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-09

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 01 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI