ASUMSI KONSUMEN TERHADAP INDIKATOR-INDIKATOR PROMOSI PENJUALAN YANG MENDORONG PERILAKU IMPULSE BUYING KONSUMEN MATAHARI DEPARTEMEN STORE PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI


Author (Penulis)

EVA ADE PARAMITHA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0001

Abstract

Asumsi konsumen merupakan salah satu cara konsumen menginterpretasikan persepsinya mengenai sesuatu khususnya tentang perubahan perilaku pembelian yang menjadi impulsif. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi dari peneliti bahwa beberapa indikator dari promosi penjualan mempunyai andil besar dalam mendorong perubahan pembelian konsumen ke arah pola pembelian impulsif. Hal ini Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penyebab terjadinya perubahan perilaku konsumen yang mendorong kepada pola perilaku impulse buying. (2) Asumsi konsumen terhadap promosi free product, price discount, dan bonus pack. (3) Untuk mengetahui deskripsi masing-masing responden yang merupakan mahasiswa. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri yang pernah berbelanja di Matahari Departement Store dengan objek penelitian adalah Asumsi konsumen terhadap indikator-indikator promosi penjualan yang mendorong perilaku impulse buying. Teknik penelitian yang digunakan adalah deskriptif fenomenologis dengan pendekatan kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah domain, taksonomi, dan komponensial. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Sebanyak 66,67 % menyatakan konsumen akan langsung membeli jika ada promosi-promosi tertentu. (2) Dari faktor yang mempengaruhi impulse buying diketahui bahwa konsumen sangat menyukai jenis promosi free product dengan persentase 46,66 %, di ikuti dengan promosi price discount dengan persentase 40 % pada kategori sedang dan promosi bonus pack dengan persentase 6,67 % pada kategori rendah. (a)Konsumen mengasumsikan bahwa promosi free product lebih menarik dibanding jenis promosi lainnya. (b) Promosi price discount menimbulkan asumsi bahwa promosi ini dapat memicu ketertarikan konsumen lebih cepat dibanding promosi. (c) Konsumen berasumsi bahwa promosi bonus pack tidak terlalu menarik karena konsumen tidak dapat memilih secara bebas produk bonus dari pembelian utama. (3) karakteristik responden dilihat dari jenis kelamin didominasi wanita dengan persentase 66,7%, berdasarkan usia rata2 informan adalah 21-23 tahun dengan persentase 66,7%, karakteristik konsumen berdasarkan program studi didominasi dari program studi manajemen dengan persentase 60%, sementara rata-rata anggaran belanja informan dinominal Rp. 200.000-Rp.500.000 dengan persentase 40 % dan potensi belanja per bulan paling tinggi 53,33 %.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-16

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 12 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI