ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS UNTUK PENGENDALIAN INTERNAL PADA KSP MITRA RAKYAT


Author (Penulis)

JEFRI ARDIANTORO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.01.0282

Abstract

Jefri Ardiantoro: Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas untuk Pengendalian Internal pada KSP Mitra Rakyat Pare, Skripsi, Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi UNP Kediri, 2018.

 

Kata Kunci: Sistem Informasi Akuntansi, Kas, Sistem Penerimaan Kas, Sistem Pengeluaran Kas, Pengendalian Internal

 

KSP Mitra Rakyat Pare merupakan salah satu koperasi yang menyalurkan dananya pada masyarakat Pare dan sekitarnya yang merupakan sektor kredit mikro. Dalam menjalankan usahanya yang paling perlu diperhatikan yaitu kas, karena kas merupakan salah satu aktiva yang memiliki peranan penting dalam perkembangan perusahaan dan juga kas merupakan merupakan aset yang paling cair (liquid). Untuk melindungi kas dari penyalahgunaan, perusahaan perlu adanya sistem informasi akuntansi yang baik mengenai kas, baik penerimaan dan pengeluaran kas, serta pengendalian internal.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif, karena pendekatan ini dapat mendekatkan antara responden dengan peneliti untuk kelancaran pencarian data, dan peneliti menjadi instrumen kunci dalam penelitian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis deskriptif. Dalam penelitian ini menggunakan 2 sumber data, yaitu data primer dan data sekunder. Prosedur pengumpulan data menggunakan interview, dokumentasi, dan observasi, serta studi kepustakaan. Proses analisis data dimulai dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber, yaitu dari wawancara, pengamatan yang sudah dituliskan dalam catatan lapangan, dokumen pribadi, dokumen resmi, gambar, dan foto. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sistem Penerimaan dan Pengeluar-an kas sudah baik meskipun ada beberapa unsur yang tidak sesuai karena kondisi tertentu. (2)  Pengendalian Internal yang dilakukan oleh KSP Mitra Rakyat sudah baik.

Penulis menyarankan supaya masing-masing bagian pada KSP Mitra Rakyat lebih meningkatkan ketelitian, baik itu cara menghitung, mencatat kegiatan transaksi, dan dokumen-dokumen/bukti pembayaran yang sudah digunakan hendaknya disimpan, disusun, dan ditata secara rapi agar memudahkan dalam pencarian dokumen apabila terjadi kesalahan.


Keyword

Sistem Informasi Akuntansi, Sistem Penerimaan Kas, Sistem Pengeluaran Kas, Kas, Pengendalian Internal

Reference

Bodnar, George H dan William S. Hopwood. 2006. Sistem Informasi Akuntansi Edisi 9. Yogyakarta: Andi.

 

Clenn A. Welsch, 2002 diterjemahkan oleh R.A Fadly. 2002. Penyusunan Anggaran Perusahaan, edisi empat. Jakarta: Bumi Aksara.

 

Dayani, Dewi. 2013. "Penerapan Sistem Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas pada BMT AS-SALAM." Skripsi.

 

Hariningsih, S. P. 2006. Sistem Informasi Akuntansi, Edisi Pertama. Yogyakarta: Ardana Media.

 

Jerry J. Weygandt, Donald E. Kieso dan Paul D. Kimmel. 2005. Accounting Principles, Edisi 7. Jakarta: Salemba Empat.

 

Jusuf, Al Haryono. 2001. Dasar-dasar Akuntansi. Yogyakarta: STIE YKPN.

 

Krismiaji. 2010. Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: unit penerbit dan percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen dan YKPN.

 

Manoppo, Rannita Margaretha. 2013. "Analisis Sistem Pengendalian Intern Penerimaan dan Pengeluaran Kas pada PT. Sinar Galesong Prima Cabang Manado." Jurnal EMBA ISSN 2303-1174 Vol. 1 No. 4 Hal. 1007-1015.

 

Mulyadi. 2016. Sistem Informasi Akuntansi Edisi Empat. Jakarta: Salemba Empat.

 

Rudianto. 2012. Pengantar Akuntansi, Adaptasi IFRS. Jakarta: Erlangga.

 

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

—. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

 

Yusuf, Maulana. 2014. "Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Kas Terhadap Pengendalian Pendapatan pada Perum Damri Bandung." Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship Vol. 8, No. 1, ISSN 2443-0633 Hal. 40-50.


PUBLISHED

2019-02-19

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade