SISTEM INFORMASI PENGENDALIAN INTERN PENERIMAAN KAS PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM BHAYANGKARA GROGOL


Author (Penulis)

YULIA EKA WATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.01.0241

Abstract

SISTEM INFORMASI PENGENDALIAN INTERN PENERIMAAN KAS PADA KSP BHAYANGKARA GROGOL, SKRIPSI, AKUNTANSI, FEB UN PGRI KEDIRI, 2019.

KATA KUNCI : SISTEM INFORMSI PENGENDALIAN INTERN DAN PENERIMAAN KAS

 

Yulia Eka Wati

13.1.02.01.0241

                                                             Ekonomi - Akuntansi

(ewyulia@gmail.com)

Erna Puspita, SE., M.Ak. dan Sigit Wisnu Setya Birawa, S.E., M.M.

UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

 

ABSTRAK

 

Yulia Eka Wati : Sistem Informasi Pengendalian Intern Penerimaan Kas Pada KSP Bhayangkara Grogol, Skripsi, Akuntansi, FEB UN PGRI Kediri, 2019.

 

            Penelitian ini dilatar belakangi bahwa sistem pengendalian intern dan sistem penerimaan kas merupakan sistem yang berpengaruh besar terhadap keberhasilan perusahaan karena pengendalian intern merupakn kegiatan yang dilakukan utuk mengawasi perusahaan agar tidak terjadi kecurangan ssedangkan penerimaan kas merupakan ukuran awal laba yang diterima perusahaan menurut karakeristik dan fungsinya.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah : ( 1 ) Bagaimana sistem pengendalian intern penerimaan kas pada Koperasi Simpan Pinjam Bhayangkara ? ( 2 ) Apakah sistem pengendalian intern penerimaan kas pasa Koperasi Simpan Pinjam Bhayangkara sudah berjalan dengan baik ? . Penelitian ini termasuk jenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif.

Temuan dari penelitian ini adalah dokumen dan catatan akuntansi yang digunakan sudah cukup efektif. Di KSP Bhayangkara terdapat pencatatan transaksi penerimaan kas dan penyusunan laporan. Pencatatan tersebut dilakukan oleh fungsi kasir dan fungsi sekretariat. Pengendalian intern sudah baik hal ini dilihat dari struktur organisasi, sistem otorisasi, dan praktik yang sehat dalam sistem penerimaan kas. Rekomendasi yang dapat diberikan bagi perusahaan adalah perlu adanya perubahan untuk membantu keefektifan sistem pengendalian intern yaitu dengan cara membuat job dicription yang baru tentang bagian akuntansi. Sehingga pengendalian intern bisa lebih efektif dan dapat meminimalisir timbulnya risiko pengendalian intern atas penerimaan kas.

 

KATA KUNCI: sistem informsi pengendalian intern dan penerimaan kas

 


Keyword

sistem informasi pengendalian intern penerimaan kas

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Mulyadi. 2010. Sistem Akuntansi. Salemba Empat : Jakarta.

Mulyadi. 2013. Sistem Akuntansi. Salemba Empat : Jakarta.

Mumtaz, Analisis Sistem Pengendalian Intern Penerimaan Kas Pada Koperasi Aditya Kencana Baru (KOP-AKB) Pekanbaru. 2011

Sarah Ayu Putri. Analisis dan Perencnaan Sistem Informasi Penerimaan Kas pada Koperasi : Studi Kasus pada Koperasi Nelayan Mina Misoyo Sari Pemalang. 2014

Vicky Fiara Rizky Saragih. Analisis Sistem pengendalian Intern Penerimaan Kas Pada PT. Asuransi Bringin Sejahtera Artamakmur Cabang Medan. 2018


PUBLISHED

2020-02-19

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade