PENGARUH RETURN ON INVESTMENT (ROI), EARNING PER SHARE (EPS), PRICE EARNING RATIO (PER) DAN NET PROFIT MARGIN (NPM) TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DALAM SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2014 - 2016


Author (Penulis)

MAULIDA RAHMAWANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.01.0143

Abstract

PENGARUH RETURN ON INVESTMENT, EARNING PER SHARE, PRICE EARNING RATIO DAN NET PROFIT MARGIN TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DALAM SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2014-2016 Maulida Rahmawana 13.1.02.01.143 Ekonomi - Akuntansi maulidarahmawana@gmail.com Drs. Ec. Sugeng, M.M., M.Ak. CA.1 dan Dian Kusumaningtyas, S.E, M.M.2 UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Perkembangan pasar modal di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat, baik dalam bentuk saham maupun instrumen hutang. Dan dalam penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui pengaruh Return On Investment (ROI) terhadap harga saham Perusahaan Manufaktur Dalam Sektor Industri Barang Konsumsi tahun 2014-2016, 2) Mengetahui pengaruh Earning Per Share (EPS) terhadap harga saham Perusahaan Manufaktur Dalam Sektor Industri Barang Konsumsi tahun 2014-2016, 3) Mengetahui pengaruh Price Earning Ratio (PER) terhadap harga saham Perusahaan Manufaktur Dalam Sektor Industri Barang Konsumsi tahun 2014-2016, 4) Mengetahui pengaruh Net Profit Margin (NPM) terhadap harga saham Perusahaan Manufaktur Dalam Sektor Industri Barang Konsumsi tahun 2014-2016. Populasi dalam penelitian ini adalah 36 perusahaan manufaktur dalam sektor industri barang konsumsi tahun 2014-2016. Setelah dilakukan seleksi menurut metode purposive sampling pada populasi, terdapat 23 perusahaan manufaktur dalam sektor industri barang konsumsi yang digunakan sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan di analisa menggunakan regresi linier berganda dengan software SPSS windows versi 23. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Return On Investment secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur dalam sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2016. (2) Earning Per Share secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur dalam sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2016. (3) Price Earning Ratio secara parsial berpengaruh signifikan terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur dalam sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2016. (4) Net Profit Margin secara parsial berpengaruh signifikan terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur dalam sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2016. KATA KUNCI : Return On Investment (ROI), Earning Per Share (EPS), Price Earning Ratio (PER) Dan Net Profit Margin (NPM), Harga Saham.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-20

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 11 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI