PENGARUH LEVERAGE, RETURN ON EQUITY, SIZE, DAN CURRENT RATIO TERHADAP PRICE EARNING RATIO PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2013-2015
Author (Penulis)
WANDA MEI OKTAVIASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.02.01.0123
Abstract
Abstrak
Wanda Mei Oktaviasari: Pengaruh Leverage, Return On Equity, Size, dan Current Ratio Terhadap Price Earning Ratio pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2013 - 2015, Skripsi, Akuntansi, FE UN PGRI Kediri, 2017
Kata Kunci: Leverage, Return On Equity, Size, Current Ratio, Price Earning Ratio.
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya inkonsistensi antara teori dengan data sesungguhnya dan ketidaktetapan peningkatan maupun penurunan rata-rata yang terjadi pada beberapa variabel independen (Leverage, Return On Equity, Size, dan Current Ratio) terhadap variabel dependen (Price Earning Ratio). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh Leverage, Return On Equity, Size, dan Current Ratio secara parsial maupun simultan terhadap Price Earning Ratio pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah Leverage, Return On Equity, Size, Current Ratio secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Price Earning Ratio pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia? (2) Apakah Leverage, Return On Equity, Size, Current Ratio secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Price Earning Ratio pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi 25 perusahaan sektor industri barang konsumsi dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan software SPSS for windows versi 2.0.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Return On Equity, dan Size secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Price Earning Ratio pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sedangkan Leverage dan Current Ratio secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Price Earning Ratio pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. (2) Leverage, Return On Equity, Size, Current Ratio secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Price Earning Ratio pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Berdasarkan kesimpulan tersebut disarankan bagi investor untuk melihat laporan keuangan perusahaan atau melakukan perhitungan lebih lanjut rasio-rasio keuangan yang terbukti berpengaruh signifikan terhadap Price Earning Ratio yaitu Return On Equity, dan Size.