PENGARUH NET PROFIT MARGIN (NPM) ,CASH RATIO (CR), RETURN ON EQUITY (ROE), DAN DEBT TO EQUITY RATIO (DER) TERHADAP CASH DIVIDEND PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2013-2015
Author (Penulis)
ANITA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.02.01.0080
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa Pembagian dividen sangat penting bagi suatu perusahaan untuk dapat menarik para investor agar mau menanamkan modalnya dalam perusahaan tersebut. Pembayaran dividen dalam bentuk tunai lebih banyak diinginkan investor daripada dalam bentuk lain. Dividen kas atau dividen tunai merupakan dividen yang dibagikan oleh perusahaan kepada pemegang saham dalam bentuk uang secara tunai.
permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh Net Profit Margin, Cash Ratio, Return On Equity, Dan Debt To Equity Ratio secara parsial terhadap Cash Dividend pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. (2) Apakah ada pengaruh Net Profit Margin, Cash Ratio, Return On Equity, Dan Debt To Equity Ratio secara simultan terhadap Cash Dividend pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kausal komparatif. Sampel yang yang digunakan dalam penelitian ini meliputi 21 perusahaan manufaktur dan menggunakan data yang telah tersedia di Bursa Efek Indonesia. Kemudian dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan software SPSS versi 23.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Net Profit Margin, Cash Ratio, Return On Equity, Dan Debt To Equity Ratio secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Cash Dividend pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. (2) Net Profit Margin, Cash Ratio, Return On Equity, Dan Debt To Equity Ratio secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Cash Dividend pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia
Kata Kunci: Net Profit Margin (NPM), Cash Ratio (CR), Return On Equity (ROE), Debt To Equity Ratio (DER) dan Cash Dividend