PENDEKATAN COST-PLUS PRICING DALAM PENENTUAN HARGA JUAL ROTI PADA UD GANYSHA KEDIRI 2016
Author (Penulis)
DWI RATNA NURPITASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.02.01.0046
Abstract
Abstrak
Dwi Ratna Nurpitasari: Pendekatan Cost-Plus Pricing dalam Penentuan Harga Jual Roti pada UD. Ganysha Kediri 2016, Skripsi, Akuntansi, FE UN PGRI Kediri, 2017.
Kata Kunci: Metode cost-plus pricing, harga jual
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa penentuan harga jual produk merupakan salah satu keputusan manajemen untuk menambah keuntungan perusahaan. Penentuan harga jual tidak didasarkan pada perkiraan saja, tetapi dengan metode yang tepat. Cost-plus pricing merupakan salah satu metode dalam penentuan harga jual. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan dan menganalisis harga jual produk roti dengan metode cost-plus pricing pada UD. Ganysha Kediri.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan teknik penelitian deskriptif. Subyek dari penelitian ini adalah UD. Ganysha Kediri dan obyek yang diperoleh adalah biaya produksi dan data penjualan. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah perhitungan harga pokok produksi dengan variable costing dan penentuan harga jual metode cost-plus pricing.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat selisih antara harga jual UD. Ganysha Kediri dengan harga jual cost-plus pricing pendekatan variable costing. Harga jual dengan cost-plus pricing lebih tinggi daripada harga jual perusahaan sehingga dapat memaksimalkan laba perusahaan dengan menambah laba yang dikehendaki.