EFEKTIVITAS PAJAK PARKIR DAN PAJAK REKLAME, KONTRIBUSI PAJAK PARKIR DAN PAJAK REKLAME TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KOTA KEDIRI TAHUN 2014-2016
Author (Penulis)
IKE RUNTINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.02.01.0024
Abstract
EFEKTIVITAS PAJAK PARKIR DAN PAJAK REKLAME TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KOTA KEDIRI
TAHUN 2014-2016
Ike Runtini
13.1.02.01.0024
Ekonomi - Akuntansi
Ikeruntini17@gmail.com
Drs. Ec. Sugeng, Ak, MM. MAk., CA dan Diah Nurdiwaty, S.E, MSA.
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Pendapatan Asli Daerah (PAD) merupakan penerimaan dari pungutan pajak daerah, retribusi daerah, pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan dan pendapatan lain-lain. Pajak daerah adalah pajak yang pengelolaan dan pemungutannya dilaksanakan oleh pemerintah daerah dan untuk kepentingan daerah itu sendiri. Pajak atas penyelenggaraan tempat parkir dan reklame merupakan sektor potensial dalam peningkatan efektivitas penerimaan pajak parkir dan pajak reklame, serta kontribusi yang diberikan oleh tempat parkir dan reklame dapat memacu pembangunan ekonomi Kota Kediri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat efektivitas pajak parkir dan pajak reklame, kontribusi pajak parkir dan pajak reklame terhadap PAD Kota Kediri.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan data sekunder. Dilakukan untuk mengukur suatu fenomena penelitian dengan menggunakan rasio keuangan daerah untuk memperoleh gambaran mekanisme penerimaan pajak parkir dan pajak reklame di Kota Kediri. Serta untuk mengetahui efektivitas penerimaan pajak parkir, pajak reklame dan kontribusinya terhadap PAD. Subyek dalam penelitian ini yaitu Dinas Pendapatan Kota Kediri dan obyeknya adalah laporan penerimaan pajak parkir, pajak reklame, dan PAD Kota Kediri tahun 2014-2016.
Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat efektivitas pajak parkir dan pajak reklame tahun 2014-2016 bervariasi. Tingkat efektivitas tertinggi pajak parkir dan pajak reklame terjadi tahun 2014 dan terendah tahun 2015. Secara keseluruhan kontribusi pajak parkir dan pajak reklame tahun 2014-2016 memberikan kontribusi yang cukup baik terhadap PAD. Persentase kontribusi pajak parkir dan pajak reklame terbesar tahun 2015 dan terendah tahun 2016. Selain itu hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial pajak parkir berpengaruh positif terhadap PAD, pajak reklame secara parsial tidak berpengaruh terhadap PAD dan secara simultan pajak parkir dan pajak reklame mempunyai pengaruh terhadap PAD.
KATA KUNCI : Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pajak Parkir, Pajak Reklame, Efektivitas, Kontribusi