PENENTUAN HARGA JUAL PRODUK MENGGUNAKAN METODE COST-PLUS PRICING DENGAN PENDEKATAN VARIABLE COSTING PADA UKM PIA LATIEF KEDIRI


Author (Penulis)

CANDRA GUNAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.01.0015

Abstract

Setiap badan usaha didirikan pada prinsipnya bertujuan untuk mendapatkan laba, yang diperoleh dari kegiatan usaha dan dapat bersaing dalam pasar. Cost-plus pricing adalah penetapan harga dengan menambahkan sejumlah (presentase) tertentu dari harga jual atau biaya sebagai keuntungannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara penetapan harga jual produk mengunakan metode cost-plus pricing dengan pendekatan variable costing pada UKM Pia Latief .Metode penelitian ini yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data diambil dari data primer dan teknik pengumpulan data melalui wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian setelah menghitung harga jual produk menggunakan metode cost-plus pricing dengan pendekatan variable costing maka diperoleh harga jual yang lebih tinggi dari harga sebelumnya yang ditetapkan oleh perusahaan .Dengan menggunakan metode cost-plus pricing perusahaan dapat memperoleh laba yang maksimal.Perusahaan sebaiknya menggunakan metode cost-plus pricing dengan pendekatan variable costing dalam menghitung harga jual sehingga harga jual yang ditetepkan perusahaan dapat bersaing dengan produk lain yang sejenis yang ada dipasaran. KATA KUNCI : Cost-plus pricing, variable costing, harga jual

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-14

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 09 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI