MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI PERMAINAN PLAYDOUGH PADA ANAK KELOMPOK A DI TK PGRI SRENGAT KECAMATAN SRENGAT KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

DWI ERNA YUNITA S
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0617P

Abstract

MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI PERMAINAN PLAYDOUGH PADA ANAK KELOMPOK A DI TK PGRI SRENGAT KECAMATAN SRENGAT KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Dwi Erna Yunita Sulistyaningsih NPM:13.1.01.11.0617P Program Studi PG-PAUD Dwi.dhelle@gmail.com VENY ISWANTININGTYAS, M.Psi dan YOERIN ERNAWATI, M.Pd UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak melalui bermain playdough di kelompok A TK PGRI Srengat Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2014/2015. Sebelum diberikan tindakan, tingkat kreativitas anak rendah dan guru mengupayakan alternative pemecahan masalah dengan beberapa metode.Penerapan metode tersebut ternyata belum mampu meningkatkan kreativitas anak. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan bermain play dough. Subjek pelaksanaan tindakan adalah anak kelompok A TK PGRI Srengat yang berjumlah 13 anak. Tehnik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara.Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui tiga siklus.Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator kinerja dalam tindakan kelas ini adalah diharapkan dengan bermain play dough dapat meningkatkan kreativitas anak kelompok B TKPGRI Srengat Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2014/2015 meningkat minimal 75% dari 13 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kreativitas anak melalui bermain play dough, yakni kreativitas pada saat pra siklus sebanyak 3 anak (23%), peningkatan kreativitas pada siklus 1 sebanyak 7 anak (53,85%) dan peningkatan kreativitas pada siklus 2 meningkat menjadi 10 anak (76,92%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini, terbukti bahwa melalui bermain play dough dapat meningkatkan kreativitas anak pada kelompok B TK PGRI Srengat Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2014/2015 Kata Kunci : Keterampilan Motorik Halus, Permainan, Playdough,

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI