MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG PADA ANAK KELOMPOK B TK AL HIDAYAH FATHUL HUDA SEDURI KECAMATAN WONODADI KABUPATEN BLITAR TAHUN AJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
SITI MUALIQOH SATTA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0612P
Abstract
ABSTRAK
SITI MUALIQOH SATTA : Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Pemainan Teka-Teki Silang Pada Anak kelompok B di TK Al-Hidayah Fathul Huda Seduri Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, PG PAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran di Taman Kanak-kanak (TK) hanya menggunakan metode demontrasi dan pemberian tugas dalam menjelaskan berbagai macam pengetahuan sehingga wawasan anak didik dalam membaca permulaan, kurang berkembang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan permainan teka teki silang dalam meningkatkan serta menumbuhkan minat membaca pada anak kelompok B TK Al Hidayah Fathul Huda Seduri Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar.
Permasalahan penelitian ini adalah apakah permainan teka-teki silang dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak Kelompok B di TK Al Hidayah Fathul Huda Seduri Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2015/2016 ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak didik Kelompok B di TK Al Hidayah Fathul Huda Seduri Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar.Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, Menggunakan instrument berupa RPPH, lembar observasi aktivitas anak didik dan lembar observasi anak didik.
Kesimpulan hasil penelitian adalah melalui permainan teka-teki silang dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak didik Kelompok B di TK Al Hidayah Fathul Huda Seduri Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar. Sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian ini diterima.
Kata Kunci : Permainan Teka-Teki Silang