MENINGKATKAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGANYAM KERTAS PADA ANAK KELOMPOK B TK PLUS HASYIM ASY’ARI WONODADI KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

SITI BAD'US SHOLIHAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0611P

Abstract

Pada Anak Usia Dini keterampilan motorik sangat diperlukan baik itu motorik kasar maupun motorik halus. Pengembangan keterampilan motorik halus akan berpengaruh terhadap kesiapan anak dalam menulis. Penelitian ini memiliki permasalahan rendahnya kemampuan anak dalam perkembangan fisik motorik halus anak, dan metode pembelajaran yang kurang menarik, sertaproses pembelajaran yang masih kaku dan kurang menarik minat anak diTK Plus Hasyim Asy’ariWonodadi Kabupaten Blitar. Untuk meningkatkan kemampuan fisik motorik halus anak perlu adanya model pembelajaran yang diharapkan hasil belajar anak meningkat lebih baik. Dari permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode penelitian kuantitaif yang dilaksanakan dalam tiga siklus, yaitu siklus I, siklus II, siklus III. Pada setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Aspek yang diteliti dalam setiap siklusnya adalah: aktivitas dan partisipasi anak selama proses pembelajaran melalui kegiatan menganyam yang disesuaikan dengan tema saat pembelajaran.Adapun tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tehnik observasi dan unjuk kerja. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah TK Plus Hasyim Asy’ari Wonodadi Kabupaten Blitar sebanyak 15 anak, yang terdiri 10 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Pada hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan pembelajaran menganyam kertas, kemampuan fisik motorik halus anak meningkat yang diperoleh dari hasil data nilai rata-rata pada siklus I sebanyak 33,3%, siklus II 60%, dan siklus III 86,7%. Dari hasil tersebut dapat dikategorikan bahwa kegiatan pembelajaran tuntas. Dengan demikian kegiatan menganyam kertas dapat meningkatkan kemampuan fisik motorik halus dan hipotesis diterima.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI