MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL URUTAN ANGKA 1–10 MELALUI PERMAINAN PUZZLE PADA ANAK UMUR 4-? 5 TAHUN DI PAUD PERMATA IBU SANANKULON KABUPATEN BLITAR


Author (Penulis)

SITI SAROPAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0608P

Abstract

MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL URUTAN ANGKA 1-10 MELALUI PERMAINAN PUZZLE PADA ANAK UMUR 4-?5 TAHUN DI PAUD PERMATA IBU SANANKULON KABUPATEN BLITAR SITI SAROPAH NPM: 13.1.01.11.0608P Program Studi PG-PAUD Sitisaropah250@gmail.com VENY ISWANTININGTYAS, M.Psi. dan YOERIN ERNAWATI, M.Pd. UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK “Dunia anak adalah dunia bermain.” Jika dikaitkan dengan dunia pendidikan bermain merupakan pendekatan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Selain itu, bermain bagi anak merupakan proses kreatif untuk bereksplorasi, dapat mempelajari keterampilan yang baru dan dapat menggunakan simbol untuk menggambarkan dunianya. Ketika bermain mereka membangun pengertian yang berkaitan dengan pengalamannya. Sehubungan dengan hal itu penelitian yang bertujuan mendeskripsikan kemampuan anak dalam menggunakan media puzzle angka guna meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal urutan angka 1 – 10 dan upaya- upaya meningkatkan kemampuan kognitif nya dengan metode bantuan menyusun puzzle ini dilaksanakan . Desain penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian tindakan kelas dan di dalam tiga siklus dengan masing- masing siklus satu kali pertemuan. Masing- masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah anak umur 4-? 5 tahun di PAUD Permata Ibu Sanankulon Kabupaten Blitar sebanyak 20 anak terdiri dari 9 anak perempuan 11 anak laki- laki. Setiap anak mempunyai karakteristik yang berbeda- beda dari segi tingkat perkembangan, faktor lingkungan sosial keluarga dan masyarakat tempat anak tinggal dan dari golongan masyarakat yang berbeda pula sehingga peluang untuk diadakan penelitian guna pemberdayaan pembelajaran. Adapun metode pengumpulan data dari unjuk kerja atau kompetensi anak pada saat proses pembelajaran berlangsung. Penelitian tersebut memperolah kesimpulan bahwa penerapan media pembelajaran puzzle angka terbukti dapat menciptakan suasana yang menyenangkan, semua anak menunjukkan antusias ingin mencoba dan memegang media puzzlenya, di samping itu media puzzle dapat mendorong aktivitas belajar anak. Dengan demikian hasil analisis menunjukkan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I RKH I yaitu 30 %, pada siklus II menjadi 55 %, sedangkan di siklus III mencapai 80 %, sehingga kegiatan permainan puzzle dapat meningkatkan minat sekaligus topik penelitian yaitu meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal urutan angka 1 – 10 di PAUD Permata Ibu Sanankulon Kabupaten Blitar. Kata Kunci: Kemampuan kognitif, Urutan Angka 1- 10, Puzzle

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI