MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI BERCERITA DENGAN MEDIA GAMBAR SERI PADA KELOMPOK B TK AL-HIDAYAH SUKOSEWU 02 KECAMATAN GANDUSARI KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

QUROTUL A'YUNINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0607P

Abstract

ABSTRAK QUROTUL A’YUNINA, Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Bercerita Dengan Media Gambar Seri TK Al-Hidayah Sukosewu 02 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi, PG PAUD, FKIP UNP Kediri 2016. Pendidikan Anak Usia Dini sangat membutuhkan metode pembelajaran yang sesuai dengan usianya. Penelitian ini memiliki permasalahan rendahnya kemampuan berbicara anak dan metode pembelajaran yang kurang menarik, dan menyenangkan bagi anak kelompok B TK Al-Hidayah Sukosewu 02 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar. Untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak perlu adanya model pembelajaran yang diharapkan hasil belajarnya meningkat lebih baik. Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah penerapan metode bercerita dengan gambar seri dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berbicara?”. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Tggart dengan tekhnik deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Al- Hidayah Sukosewu 02 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar sebanyak 11 anak, yang terdiri 4 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Pada hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan pembelajaran menggunakan metode bercerita dengan media gambar seri, untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak yang diperoleh dari hasil data nilai rata-rata pada pra tindakan 35%, siklus I sebanyak 35,7%, siklus II 54,5%, dan siklus III 81,8%. Maka, dari siklus I, siklus II dan siklus III dapat disimpulkan adanya peningkatan kemampuan berbicara anak melalui metode bercerita dengan gambar seri pada TK Al-Hidayah Sukosewu 02 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa melalui metode bercerita dengan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B TK Al-Hidayah Sukosewu 02 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar. Saran untuk kepala sekolah diharapkan menyediakan media gambar seri di sekolah dan guru diharapkan dalam pembelajaran menggunakan media yang beragam sehingga menarik minat belajar anak. Kata kunci: Kemampuan berbicara, bercerita, gambar seri

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI