MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA 02 BENDO KECAMATAN PONGGOK KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

TIWIK KRESNOWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0605P

Abstract

Dengan penerapan teknik bercerita setidaknya memiliki nilai tawar dalam proses pembelajaran kemampuan menyimak melalui metode bercerita bag anak kelompok B. Teknik bererita sekilas terkesan sebagai sebuah metode yang gampang dan ringan untuk dilakukan, sehingga jarang dilaksanakan oleh kebanyakan guru. Padahal kalau memang deprogram metode bermain/tekhnik bercerita dan bercerita ini justru akan memberikan kontribusi yang lebih efektif dan produktif dalam pembelajaran. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah : a) Apakah melalui media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan menyimak pada anak kelompok B TK Dharma Wanita 02 Bendo Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2014/2015. b) Apakah penggunaan metode bercerita dengan menggunakan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan menyimak pada anak kelompok B TK Dharma Wanita 02 Bendo Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2014/2015? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah : a) Untuk memperoleh data kemampuan menyimak dengan metode bercerita pada anak kelompok B TK Dharma Wanita 02 Bendo Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2014/2015. b) melaknasanak tindakan kemampuan menyimak dengan metode bercerita melalui media gambar seri pada anak kelompok B TK Dharma Wanita 02 Bendo Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2014/2015. c) Kemampuan menyimak dengan metode bercerita melalui media gambar seri pada anak kelompok B TK Dharma Wanita 02 Bendo Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2014/2015. d) Membandingkan kemampuan menyimak dengan metode bercerita pada anak kelompok B TK Dharma Wanita 02 Bendo Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2014/2015 antara sebelum dan sesudah dilaksanakan tindakan penelitian. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : rancangan, kegiatan, pengamatan, refleksi dan refisi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode berderita dapat berpengaruh positif terhadap kemampuan dan kemampuan bidang. Kemampuan menyimak melalui metode bercerita anak didik TK Dharma Wanita 02 Bendo Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata kunci : Kemampuan menyimak, metode bercerita, media gambar seri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI