MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI PENERAPAN METODE SHOW AND TELL PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA TUMPANG 01 KABUPATEN BLITAR


Author (Penulis)

MUKAYANAH RIDAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0604P

Abstract

Kemampuan berbicara adalah kemampuan untuk mengekspresikan, menyatakan, serta menyampaikan ide, pikiran, gagasan, atau isihati kepada orang lain dengan menggunakan bahasa lisan yang dapat dipahami oleh orang lain. Aktivitas anak yang dapat dilakukan yaitu dengan berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang-orang yang ada disekitarnya, sehingga dapat melatih anak untuk terampil berbicara. Keterampilan berbicara perlu dilatihkan kepada anak sejak dini, supaya anak dapat mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata sehingga mampumengekspresikan, menyatakan, serta menyampaikan ide, pikiran, gagasan, atau isihati kepada orang lain. Belajar berbicara dapat dilakukan anak dengan bantuan dari orang dewasa melalui percakapan. Penelitian ini membahas tentang apakah penerapan metode show and tell dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak Kelompok A TK Dharma Wanita Tumpang 01 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar Semester II. Adapun tujuan ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kemampuan berbicara anak Kelompok A TK Dharma Wanita Tumpang 01 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar dalam mengekspresikan ide baik melalui penerapan metode show and tell dalam proses pembelajaran. Memperoleh kesimpulan terkait dengan hasil akhir pembelajaran setelah diterapkan metode show and tell dalam proses belajar mengajar. Menyimpulkan data kemampuan berbicara anak Kelompok A TK Dharma Wanita Tumpang 01 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar setelah diterapkannya metode show and tell pada proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek siswa Kelompok A TK Dharma Wanita Tumpang 01 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian dilaksanakan 3 siklus dan menggunakan instrumen Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), Rencana Kegiatan Harian (RKH), observasi anak dan guru serta tabel penilaian. Berdasarkan analisa dan pembahasan penelitian menyimpulkan bahwa melalui pembelajaran mepenerapan metode show and tell dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak Kelompok A TK Dharma Wanita Tumpang 01 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar tahun 2014/2015. Kata Kunci : Kemampuan Berbicara, Show and tell

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI