MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN MELALUI PERMAINAN MEDIA KARTU GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI PLUMPUNGREJO KECAMATAN KADEMANGAN KABUPATEN BLITAR


Author (Penulis)

MUHAROWATI KARTINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0603P

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa dalam dalam meningkatkan perkembangan kognitif khususnya dalam mengenal penjumlahan di TK guru hanya menulis penjumlahan angka di papan tulis dengan dominasi pada peran guru. Sehingga pembelajarannya kurang menarik minat anak dan membosankan. Hal tersebut yang menjadi acuan dalam penggunaan media kartu gambar dalam penjumlahan. Permasalahan penelitian ini adalah apakah penggunaan media gambar pada anak Kelompok B TK Pertiwi Ds. Plumpungrejo Kec. Kademangan Kab. Blitar Tahun Pelajaran 2014 / 2015 dapat meningkatkan kemampuan anak dalam penjumlahan pada anak Kelompok B TK Pertiwi Ds. Plumpungrejo Kec. Kademangan Kab. Blitar Tahun Pelajaran 2014 / 2015 dengan menggunakan kartu gambar dapat meningkat?”. Dengan tujuan penelitian ini untuk memperoleh data tentang kemampuan penjumlahan melakukan tindakan berupa permainan media gambar dalam pembelajaran dan mengetahui ada tidaknya perbedaan waktu sebelum dan sesudah tindakan. Untuk mencapai maksud tersebut penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek semua anak Kelompok B TK Pertiwi Ds. Plumpungrejo Kec. Kademangan Kab. Blitar Tahun Pelajaran 2014 / 2015. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), Rencana Kegiatan Harian (RKH), Lembar Unjuk Kerja Anak, Lembar Observasi Aktifitas Guru. Dengan hasil ketuntasan pada tindakan siklus I sebesar 33,3%, tindakan siklus II sebesar 53,3%, dan tindakan siklus III sebesar 80%. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan permainan media kartu gambar dapat meningkatkan kemampuan penjumlahan dapat digunakan sebagai saat alternative dalam meningkatkan kecerdasan dan kreativitas anak kelompok B TK Pertiwi Ds. Plumpungrejo Kec. Kademangan Kab. Blitar. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa permainan media kartu gambar sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan. Kata Kunci : Penjumlahan, Permainan Media Kartu Gambar 1

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI