MENINGKATKAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN KOLASE KERTAS KORAN PADA ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI PLUMPUNGREJO KADEMANGAN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015


Author (Penulis)

DEWI HARIYASIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0602P

Abstract

MENINGKATKAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN KOLASE KERTAS KORAN PADA ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI PLUMPUNGREJO KADEMANGAN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015 DEWI HARIYASIH Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri Jl. KH. Achmad Dahlan No. 76 Telp. (0354) 776706 Kediri 64112 ABSTRAK DEWI HARIYASIH, Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Kertas Koran pada Anak Didik Kelompok B Taman Kanak – Kanak Pertiwi Plumpungrejo Kademangan Blitar. Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan secara umum adalah untuk meningkatkan kemampuan fisik motorik halus melalui kegiatan kolase kertas koran pada anak didik kelompok B TK Pertiwi Plumpungrejo Kademangan Blitar. Hal ini adalah salah satu upaya peningkatan kemampuan fisik motorik halus anak dalam ketepatan merobek kertas, kemampuan menempel sobekan kertas koran pada sebuah pola gambar yang sesuai dengan tema pembelajaran. Penelitian tindakan kelas dilakukan di TK Pertiwi Plumpungrejo Kademangan Blitar. Penelitian ini menggunakan rumus masalah apakah melalui kegiatan kolase kertas koran dapat meningkatkan kemampuan fisik motorik halus untuk kelompok B TK Pertiwi Plumpungrejo Kademangan Blitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini adalah dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri atas tahapan, perencanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil pelaksanaan membuat kolase dengan kertas koran ini menunjukkan bahwa anak mulai mampu menyobek kertas koran, menempel sobekan kertas koran pada pola gambar yang sesuai dengan tema pembelajaran dari Siklus I dan II semakin meningkat. Proses kegiatan pembelajaran dapat berlangsung secara efektif, sehingga hasil belajar anak dalam proses kegiatan tersebut dapat mencapai ketuntasan kesimpulan dan saran dari hasil pelaksanaan proses kegiatan kolase dengan kertas koran mempunyai kemampuan yang lebih tinggi dengan pola gambar yang sesuai dengan tema pembelajaran. Sebagai hasil kemampuan anak menunjukkan peningkatan dengan presentase sebagai berikut, pra penelitian sebesar 51,66 % pada siklus I sebesar 61,66 %, siklus II sebesar 70,00 % dan siklus III sebesar 81,66 %. Dari hasil tersebut dapat dikategorikan kegiatan pembelajaran mencapai ketuntasan. Selama proses kegiatan pembelajaran berlangsung interaksi guru dengan anak dapat ditingkatkan dengan memberi bimbingan dan motivasi, hal ini bertujuan agar tingkat ketelitian, ketepatan membuat kolase dengan kertas koran dapat maksimal serta dengan pola gambar yang variatif tercipta suasana yang menyenangkan sehingga memudahkan pengembangan kemampuan fisik motorik halus anak dalam pembelajaran membuat kolase dengan kertas koran. Kata Kunci : kemampuan fisik motorik halus, kolase, kertas koran

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI