PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM KONSEP DASAR SAINS PADA ANAK DIDIK KELOMPOK A TK PKK SURUHWADANG KECAMATAN KADEMANGAN KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

NURYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0601p

Abstract

PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM KONSEP DASAR SAINS PADA ANAK DIDIK KELOMPOK A TK PKK SURUHWADANG KECAMATAN KADEMANGAN KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015 NURYANTI Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri Jl. KH. Achmad Dahlan No. 76 Telp. (0354) 776706 Kediri 64112 Abstrak NURYANTI : Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dalam Konsep Dasar Sains Pada Anak Didik Kelompok A TK PKK Suruhwadang Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar ,Skripsi, PAUD,FKIP UNP Kediri 2015. Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak usia sejak lahir sampai enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. dengan mengetahui pengembangan kognitif akan lebih mudah bagi guru dalam menstimulasi kemampuan anak melalui kegiatan bermain sains melalui metode eksperimen, sehingga akan tercapai optimalisasi pada masing- masing anak dan pengetahuan secara langsung. Rumusan masalah pada penitilian ini adalah apakah metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam hal konsep dasar sains pada anak didik kelompok A TK PKK Suruhwadang Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh tentang kemampuan kognitif anak dalam hal konsep dasar sains dengan menggunakan metode eksperimen pada anak didik kelompok A TK PKK Suruhwadang sebelum dan sesudah dilakukan tindakan.Melakukan tindakan berupa penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam konsep dasar sains pada anak didik kelompok A TK PKK Suruhwadang.Mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan konsep dasar sains dengan menggunakan metode eksperimen pada anak didik kelompok A TK PKK Suruhwadang antara sebelum dan setelah dilakukan tindakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Penelitian ini dilakukan empat tahap yaitu tahap perencanaan , pelaksanaan, observasi dan refleksiyang dilalui dengan dua siklus.tempat penelitian di TK PKK Suruhwadang Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar pada kelompok A yang berjumlah 16 anak.Dari hasil penelitian tersebut diketahui bahwa kemampuan kognitif anak kelompok A pada konsep asar sain pada pra penelitian menunjukkan prosentase 56.25%. Setelah pelaksanaan siklus I tentang bidang kemampuan kognitif pada konsep dasar sains menunjukkan 59% mengalami peningkatan .Setelah pelaksanaan siklus ke II naik menjadi 83%. ini berarti pelaksanaan siklus ke II dapat di simpulkan bahwa telah mencapai ketuntasan belajar dan membuktikan bahwa dengan metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam konsep dasar sains dapat diterima. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan metode eksperimen dapat dibuktikan kebenarannya meningkatkan kemampuan kognitif dalam konsep dasar sains pada kelompok A TK PKK Suruhwadang Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar Tahun Pengembangan 2014/2015 Kata Kunci : metode eksperimen, kognitif,sains, anak TK

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI